Dear Siswa, Ini 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Pelajaran Agar Tidak Mudah Lupa

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 07 Des 2021 13:00 WIB
ilustrasi anak belajar
Foto: thinkstock/Ilustrasi Belajar
Jakarta - Apakah siswa sering lupa terhadap banyak pelajaran menjelang Ulangan Akhir Semester atau UAS? Mungkin siswa perlu mencoba beberapa cara di bawah ini agar bisa mengingat kembali.

Menjelang UAS, banyak sekali materi yang mungkin sudah lupa karena dipelajari ketika awal semester. Namun, hal itu bukanlah alasan siswa untuk menyerah karena siswa bisa belajar dengan cara baru untuk mengingat pelajaran kembali.

Merangkum laman sekolah BPK Penabur, Selasa (7/12/2021), berikut 6 cara meningkatkan daya ingat pelajaran agar tidak mudah lupa.


6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Pelajaran:


1. Merangkum Kembali Materi

Apakah kamu pernah merasa materi yang diberikan oleh guru terlalu banyak? Sampai kamu bingung bagian mana yang paling penting? Terkadang siswa belum mengerti bagaimana cara mengelola informasi yang masuk ke dalam memori.

Untuk mengingat informasi baru yang kamu terima, cobalah untuk merangkum kembali seluruh informasi dengan menggunakan kata-kata kamu sendiri. Buatlah poin-poin dengan garis besar pembahasan.


2. Belajar dengan Gambar

Siapa yang suka membaca komik dibanding novel? Gambar memang lebih mudah untuk diingat dan dipahami dibandingkan teks buku.

Visualisasi ini bisa menjadi salah satu strategi untuk mengingat informasi dengan lebih mudah. Kamu bisa mulai dengan memvisualisasikan gambar dengan pikiran saat mendapatkan informasi.

Informasi yang diterima secara visual akan lebih membekas di dalam pikiran, sehingga kamu jadi lebih mudah untuk mengingat.


3. Mengajarkan Kembali

Saat ini berbagai ujian akademik menuntut kamu untuk paham konsep materi, bukan hanya menghafal. Untuk mengingat konsep, kamu harus berlatih dengan belajar secara aktif.

Salah satu cara untuk mempertahankan daya ingat terhadap suatu informasi adalah dengan mengajarkan kembali pelajaran yang sudah kamu pahami kepada teman.

Kamu bisa membuat kelompok belajar dan bergantian menjelaskan materi yang sudah dipelajari. Pasif dalam belajar akan membuat kamu sangat sulit untuk mengingat apa yang dibaca.


4. Review

Buat siswa yang masih suka belajar dengan sistem kebut semalam, sebaiknya mulai dihindari. Memasukan banyak informasi untuk diingat dalam waktu singkat adalah kebiasaan yang tidak baik.

Materi-materi itu berpotensi mudah hilang seketika. Padahal kunci dari meningkatkan daya ingat yang baik adalah dengan sering melakukan review atau meninjau ulang catatan dan materi belajar mingguan.


5. Gunakan Akronim untuk Mengingat

Apakah kamu tahu istilah jembatan keledai? Jembatan keledai merupakan trik menghafal dan mengingat dengan menggunakan akronim atau singkatan kata -kata kunci, rima, hingga gambar.

Dalam jembatan keledai, setiap huruf yang ada mewakili satu kata dalam kalimat terpisah.

Contohnya untuk menghafal tabel periodik, kamu bisa menggunakan "HaliNa Kawin Rubi Cs Frustasi". Singkatan ini terdiri dari unsur H (Hidrogen), Li (Lithium), Na (Natrium), K(Kalsium), Rb (Rubidium), Cs (Caesium), dan Fr (Fransium).

Cara ini juga bisa dipakai dalam mengingat rumus-rumus ataupun poin-poin dalam mata pelajaran lain.


6. Mengasah Otak dengan Permainan

Untuk meningkatkan daya ingat otak, kamu juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Caranya adalah dengan melakukan permainan seperti bermain puzzle, catur, mengisi teka-teki silang, menghafal gambar, bermain alat musik atau membaca.

Permainan ini dibutuhkan karena dapat menstimulasi otak untuk menggunakan ingatan.


Nah, itulah 6 cara meningkatkan daya ingat pelajaran agar tidak mudah lupa. Kamu sudah pernah coba?

Simak Video "Pembangunan Ruang Kelas Mangkrak, Siswa SD Ini Belajar di Kolong Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia