Penjelajah Ulung! Siapa Sosok Tokoh Portugis yang Taklukkan Malaka?

Kristina - detikEdu
Senin, 06 Des 2021 19:30 WIB
Alfonso de Albuquerque, tokoh Portugis yang berhasil menaklukan Malaka.
Alfonso de Albuquerque. Foto: The Granger Collection, New York
Jakarta - Portugis merupakan bangsa Eropa pertama yang masuk wilayah perairan Indonesia di Malaka pada tahun 1511. Tokoh Portugis yang berhasil menaklukan Malaka adalah Alfonso de Albuquerque.

Dalam catatan pegawai Portugis, Tome Pires, dalam buku Suma Oriental, tidak ada pusat perdagangan yang lebih besar dari Malaka. Malaka juga menjadi tempat komoditas utama dari seluruh dunia timur dan barat. Tome Pires mengatakan bahwa tidak ada tempat lain yang memperdagangkan komoditas dengan halus dan mahal.

Portugis mengendalikan Malaka dan perdagangan di Asia Tenggara di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque. Pada tahun 1512, armada mereka memasuki wilayah Maluku untuk membangun monopoli perdagangan cengkeh.

Sosok Alfonso de Albuquerque

Alfonso de Albuquerque yang juga disebut Afonso de Albuquerque the Great, merupakan putra kedua dari Goncalo de Albuquerque dan Dona Leonor de Menezes. Kakek buyut dan kakek dari pihak ayah pernah menjadi sekretaris rahasia Raja John I dan Edward (Duarte), dan kakek dari pihak ibu pernah menjadi laksamana Portugal, dilansir dari Ensiklopedia Britannica.

Albuquerque merupakan seorang tentara yang ditugaskan dalam berbagai ekspedisi. Ia bertugas selama 10 tahun di Afrika Utara, di mana ia memperoleh pengalaman militer awal berperang melawan Muslim. Dia terlibat pada penaklukan Afonso V atas Asilah dan Tangier pada tahun 1471.

Pada masa pemerintahan Raja John II, Albuquerque mendapat jabatan sebagai Master of The Horse. Pada 1489 ia kembali bertugas di Afrika Utara untuk membela Graciosa. Di bawah penerus John, Manuel I, Albuquerque kurang menonjol, tetapi kembali bertugas di Maroko.

Meskipun memiliki banyak pengalaman pada masa John II dan saat di Afrika, reputasinya terletak pada pelayanannya di Timur. Albuquerque memiliki misi untuk menguasai semua jalur perdagangan maritim utama di Timur.

Ekspedisi pertama Albuquerque berlangsung pada April 1503. Ia diberangkatkan ke India melewati Tanjung Harapan bersamanya sepupunya. Sesampainya di India, mereka terlibat dalam peperangan dengan pasukan Zamorin. Albuquerque berhasil memenangkan pertempuran.

Albuquerque juga melakukan ekspedisi ke wilayah perairan Malaka. Prestasi terbesarnya terletak pada keberhasilan menakhlukkan India dan Malaka. Ia berhasil menaklukkan Goa di India pada tahun 1510 dan Malaka di Semenanjung Malaya pada tahun 1511.

Simak Video "Benteng Tolukko, Benteng Pertama Di Ternate Buatan Panglima Portugis "
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia