Baru Tahu, Ternyata Dinosaurus Ini Punya Senjata Mirip Tongkat Perang Suku Aztec

Kristina - detikEdu
Kamis, 02 Des 2021 20:00 WIB
Temuan dinosaurus baru yang punya ekor mirip senjata suku Aztec.
Foto: Science News
Jakarta - Temuan spesies dinosaurus terbaru berhasil diidentifikasi oleh tim peneliti asal Universitas Chili, Amerika Selatan. Uniknya, dinosaurus ini memiliki gada aneh di ekornya yang mirip dengan tongkat perang suku Aztec.

Adalah Stegouros elengassen, spesies Ankylosaurus. Hewan purba ini hidup sekitar 72 juta hingga 75 juta tahun yang lalu di Amerika Utara selama Periode Kapur Akhir. Ankylosaurus adalah genus milik kelompok yang lebih besar (infraorder Ankylosauria) dari dinosaurus herbivora berkaki empat yang berkembang biak selama Periode Kapur sekitar 145,5 juta hingga 66 juta tahun yang lalu.

Ankylosaurus dikenal sebagai dinosaurus lapis baja karena evolusi senjata ekor khusus yang mereka miliki. Dilansir dari Science News, Kamis (2/12/2021), ahli paleontologi Universitas Chili, Sergio Soto-Acuña dan rekan-rekannya, menyebut spesies baru yang mereka identifikasi ini mirip dengan klub perang Aztec yang disebut macuahuitl. Hal tersebut dilaporkan Soto-Acuña dalam jurnal Nature.

Macuahuitl merupakan senjata yang lazim digunakan oleh suku Aztec. Senjata ini terkenal sebagai senjata perang yang sangat kuat dan menakutkan. Seperti diketahui, suku Aztec sendiri merupakan suku yang berdiam di wilayah Meksiko.

Soto-Acuña dan tim peneliti lainnya mengidentifikasi spesies baru ini berdasarkan kerangka yang hampir lengkap. Kerangka tersebut ditemukan di wilayah Patagonian yang kering di Chili. Dengan anggota badan yang ramping dan ekor yang sangat pendek, Stegouros elengassen sudah terlihat sangat berbeda dari Ankylosaurs lain dalam banyak hal.

Stegouros elengassen memiliki ekor dengan permukaan datar dan bilah tajam di sepanjang sisinya. Namun, berdasarkan temuan para tim, tengkorak dinosaurus ini menunjukkan bahwa ia berasal dari jenis Ankylosaurus awal.

Kelompok Ankylosaurus menjadi 'tank lapis baja berat' di dunia dinosaurus, tubuh dan kepala mereka dilindungi oleh lempengan tulang yang kokoh. Spesies yang berbeda juga memakai berbagai senjata anatomi lainnya, dari ekor pemukul yang menghancurkan tulang kering hingga tengkorak runcing.

Beberapa spesies Ankylosaurus telah digali di belahan bumi selatan. Kelompok Stegouros elengassen diperkirakan menjadi spesies paling primitif dari kelompok tersebut.

Simak Video "Wujud Fosil Embrio Dinosaurus yang Ditemukan di China"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia