Mengenal Gerak Benda: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Kamis, 02 Des 2021 14:30 WIB
Ilustrasi Gerak Benda pada Bola Voli
Foto: AFP/PHILIP FONG/Gerak Benda Bola Voli
Jakarta - Gerak adalah perpindahan atau pergeseran benda. Ketika suatu benda bergeser atau berpindah posisi maka benda tersebut telah bergerak.

Gerak merupakan salah satu gejala alam yang terjadi setiap saat di lingkungan sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari makhluk hidup atau suatu benda tidak pernah terlepas dari adanya pergerakan, seperti halnya ketika kita sedang berjalan, berlari, bersepeda, olahraga, dan lain-lain.

Syarat utama yang menyatakan suatu benda bergerak adalah adanya perubahan posisi atau kedudukan terhadap titik acuannya.

Pengertian Gerak Benda dalam Ilmu Fisika

Menurut ilmu fisika, gerak diartikan sebagai perpindahan posisi benda dari keadaan awal (semula) ke keadaan akhir terhadap suatu acuan tertentu.

Posisi tersebut merupakan besaran vektor, yang menyatakan kedudukan suatu benda terhadap titik acuan berhubungan dengan perpindahan, dan kecepatan.

Sementara kedudukan benda dinyatakan dalam suatu besar dan arah. Sedangkan jarak yang ditempuh suatu benda merupakan panjang seluruh lintasan yang dilewati.

Titik acuan benda bisa berbeda-beda, oleh sebab itu gerak yang dihasilkan suatu benda bersifat relatif (tergantung bagaimana keadaan bendanya). Benda yang bergerak menurut acuan X, belum tentu bergerak untuk acuan Y, berlaku pula sebaliknya.

Neny Else Josephine, S.Pd, MM, dalam modul Fisika Kemdikbud kelas X, menuliskan bahwa penempatan kerangka acuan dalam peninjauan gerak merupakan hal yang sangat penting, karena mengingat gerak mengandung pengertian yang relatif.

Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, gerak sepanjang garis atau kurva disebut translasi.

Gerak yang mengubah orientasi suatu benda disebut rotasi. Dalam kedua pengertian tadi, semua titik memiliki kecepatan yang sama (kecepatan terarah), dan percepatan yang sama (laju perubahan kecepatan terhadap waktu).

Mengapa Benda Bisa Bergerak?

Suatu benda bisa bergerak diakibatkan karena adanya sebuah gaya. Dikutip dari buku "Seri Sains: Gaya dan Gerak" karya Agus Riyadi, gaya merupakan dorongan, tarikan, maupun putaran yang membuat suatu benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.

Suatu benda baru dapat bergerak atau dipindahkan, jika gaya yang diberikan cukup besar atau setidaknya dapat mengatasi kondisi diam benda tersebut. Ketika gaya sedang mempengaruhi suatu benda, artinya kerja

Jenis-Jenis dan Contoh Gerak Benda

1. Gerak Lurus

Gerak lurus adalah gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus, atau lintasan yang relatif lurus pada selang waktu tertentu.

Gerak lurus dapat dibedakan menjadi dua, yaitu dan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

- Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang terjadi pada lintasan yang lurus. Pada gerak lurus beraturan, benda menempuh jarak yang sama dalam selang waktu yang sama pula.

Gerak lurus terjadi pada kereta api yang bergerak diatas relnya, karena kereta api bergerak pada lintasan yang lurus, kereta api sedang mengalami gerak lurus.

- Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak benda pada lintasan lurus, dengan kecepatannya yang berubah secara teratur tiap detiknya.

Gerak jatuh bebas adalah salah satu contoh gerak lurus berubah beraturan. Detikers coba kalian perhatikan, ketika gerak suatu benda jatuh dari ketinggian tertentu, tentu saja kecepatannya semakin besar. Contohnya peristiwa saat sepeda yang bergerak menuruni sebuah bukit.

2. Gerak Relatif


Gerak relatif adalah gerakan benda yang sifatnya bergantung terhadap beberapa kerangka acuan. Contohnya, bisa kita amati ketika seseorang yang duduk di dalam kereta api yang sedang bergerak.

Dapat dikatakan bahwa orang yang duduk tersebut hanya lah diam terhadap kursi yang diduduki dan terhadap kereta apinya, namun orang tersebut bergerak relatif terhadap stasiun maupun terhadap pohon-pohon yang dilewatinya. Hal tersebut dinamakan sebagai gerak relatif.

3. Gerak Melingkar


Gerak melingkar adalah suatu gerak yang membentuk lintasan garis melingkar dengan jari-jari dari pusat lingkaran. Misalnya, benda-benda yang bergerak di suatu tikungan, maka benda tersebut bergerak membentuk lintasan melingkar.

Contoh gerak melingkar bisa kita lihat, saat melihat pada sebuah motor. Motor yang ada di arena balapan akan bergerak melingkar di arena lintasan balapan bukan? begitu pula dengan rodanya yang bergerak melingkar pada porosnya.

4. Gerak Parabola


Gerak parabola adalah gerak yang dalam lintasannya suatu garis yang membentuk parabola. Benda meluncur bebas (tanpa gaya), akan berada dalam pengaruh gravitasi bumi.

Hal itu dapat menyebabkan benda mengalami perlambatan saat bergerak naik, dan percepatan saat bergerak turun hingga menyentuh bumi. Contohnya bisa dilihat pada meriam yang bisa meluncurkan peluru melalui gerak parabola.



Simak Video "Ini Dia Artefak dari Peradaban Sumeria di Irak"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia