Arti Neraka Hawiyah, Rumah Terakhir bagi Firaun hingga Abu Lahab

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 01 Des 2021 19:30 WIB
gerbang neraka Turkmenistan
Ilustrasi neraka. Neraka Hawiyah artinya neraka dengan api yang berkobar dan sangat panas. (Foto: Instagram)
Jakarta - Arti kata neraka hawiyah telah dijelaskan dalam Al Quran, yakni dalam surat Al Qariah ayat 8-11. Menurut ayat tersebut, neraka hawiyah artinya tempat dengan api yang berkobar dan sangat panas berada di dasar neraka yang dalam.

Berikut bunyi bacaan surat Al Qariah yang menyinggung tentang arti kata neraka hawiyah,

(8) أَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ
(9) فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ
(10) وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ
(11) نَارٌ حَامِيَةٌ

Artinya: "Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? Ia adalah api yang menyala yang menghancurkan orang yang masuk ke dalamnya."

Sementara secara bahasa, mengutip tulisan Ustadz Ali Amrin al-Qurawy dalam buku Koleksi Doa & Dzikir Sepanjang Masa, hawiyah bermakna jatuh dari tempat paling tinggi ke tempat paling rendah. Makna ini merujuk pada akar katanya yakni hawa yang disebutkan 38 kali dalam Al Quran.

Dapat dikatakan, hawiyah adalah segala sesuatu yang tidak diketahui dasar atau keraknya. Pendapat lain juga mengatakan, neraka hawiyah merupakan neraka tingkatan ke tujuh yang letaknya paling bawah. Bahkan, kerap kali disebut sebagai kerak neraka.

Neraka hawiyah yang artinya tempat dengan api berkobar ini ditujukan bagi orang-orang yang mati dalam keadaan kafir atau tidak punya iman dan Islam.

Menurut buku Dasar-dasar Memahami Iman, Islam, dan Ihsan oleh Ipnu R. Noegroho pun dikatakan, Neraka ini menjadi tempat terakhir para pendusta ayat-ayat Allah seperti, Firaun, Abu Jahal, Abu Lahab, dan musuh-musuh nabi lainnya sebagaimana dikutip dari

Selain itu, golongan lain yang akan menjadi penghuni neraka hawiyah adalah orang-orang munafik. Artinya, meskipun raganya melakukan kebaikan namun hatinya masih mendustakan Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam surat An Nisa ayat 145,

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan neraka yang paling bawah. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka."

Sebagaimana yang disebutkan dalam buku Neraka: Gambaran Neraka menurut Al-Quran dan Hadis karya Roidah Bakri, berikut ini rangkuman golongan calon penghuni neraka hawiyah yang artinya neraka dengan api yang sangat panas. Ada siapa saja?

  1. Mereka yang sangat ringan timbangan amalnya, yakni selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur dengan keburukan
  2. Perilakunya tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, misalnya perempuan Islam yang tidak menutup aurat
  3. Mengacuhkan atau meremehkan syariat Islam meskipun sudah mengetahui perintah Allah SWT dan ajaran rasulNya
  4. Para pelaku dosa besar, misalnya mereka yang menjadi musuh para nabi seperti Firaun dan orang zalim lainnya

Naudzubillahimindzalik. Semoga setelah memahami informasi neraka hawiyah yang artinya kobaran api panas dan golongan calon penghuninya, dapat memotivasi kita dalam mempersiapkan bekal terbaik untuk di akhirat kelak.

Simak Video "4 Anggota DPRD Labura Didakwa Pakai Ekstasi 'Firaun' di Room Karaoke"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia