Ini Sekolah yang Pertama Kali Terapkan Seragam dan Digunakan hingga Kini

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 01 Des 2021 09:30 WIB
Seragam sekolah Christs hospital
Seragam sekolah Christ's hospital Foto: Dok. christs-hospital
Jakarta - Seragam sekolah rupanya sudah diterapkan sejak berabad-abad yang lalu. Sekolah yang diyakini pertama kali menerapkan kebijakan seragam ini ada di Inggris.

Seperti dikutip dari dari BBC, kehadiran seragam sekolah di dunia diawali oleh sekolah-sekolah amal yang ada di Inggris zaman dahulu, dan bukannya sekolah umum.

Sekolah yang Pertama Kali Menerapkan Aturan Memakai Seragam

Sekolah-sekolah amal yang dimaksud contohnya Christ's Hospital yang ada di Horsham, Sussex Barat, London. Sekolah ini didirikan pada 1552.

Sekolah-sekolah amal seperti Christ's Hospital tersebut mengambil anak-anak yang tidak memiliki ayah dan kurang mampu dari paroki, lalu mendidik mereka.

Para penduduk London memberi mereka mantel biru panjang. Pada akhirnya, sekolah-sekolah amal itu juga mendapat julukan Bluecoat Schools.

Uniknya, banyak sekolah masih mempertahankan model seragam yang sama seperti sejak pertama kali diterapkan berabad-abad lalu, seperti Christ's Hospital contohnya. Sekolah ini masih mengenakan mantel panjang warna biru.

Dikutip dari situs resmi sekolah tersebut, para siswa perempuan menggunakan rok lipit dan laki-lakinya memakai celana. Mereka juga mengenakan kaos kaki warna kuning yang ikonik dilengkapi dengan sabuk kulit.

Mantel biru dan kaos kaki kuning ini tidak mengalami perubahan selama hampir 470 tahun. Di sekolah tersebut, ada banyak dugaan mengapa warna biru dan kuning sengaja dipilih. Dugaannya, kedua warna ini tidak mahal dan untuk membedakan murid di sekolah tersebut dengan yang lainnya.

Seragam mereka ini memang sangat berwarna, sesuai dengan gaya Tudor. Satu-satunya hal yang berubah dari seragam mereka adalah sepatu. Para siswa berhak memilih jenis sepatu yang ingin mereka kenakan, Kebanyakan dari mereka memilih Dr. Martens sejak 1987.

Kancing yang ada di mantel sekolah Christ's Hospital dihiasi dengan gambar pendiri sekolah tersebut, King Edward VI dan ini sudah diterapkan lebih dari 200 tahun lalu.

Selain Christ's Hospital, ada banyak sekolah tua yang juga masih mempertahankan seragam sekolah tradisional mereka.Contohnya sekolah swasta Dame Allan di Newcastle yang dibangun pada 1705.

Simak Video "Keren! Ini Wujud Bus Sekolah Baru Buat Pelajar di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia