Dua Bentuk Relief Muka Bumi Wilayah Inggris, Seperti Apa?

Kristina - detikEdu
Selasa, 30 Nov 2021 16:30 WIB
Aerial view of Bassenthwaite looking north from Keswick and Catbells.
Relief wilayah Inggris. Foto: Getty Images/iStockphoto/DaveBolton
Jakarta - Inggris merupakan salah satu wilayah yang terletak di lepas pantai barat laut daratan Eropa. Wilayah ini terdiri dari dua bentuk muka bumi atau relief yang terlihat di bagian utara hingga selatan.

Inggris menjadi negara konstituen bagian dari Britania Raya. Selain Inggris, wilayah Britania Raya mencakup Wales, Skotlandia, dan bagian utara Irlandia. Dengan kata lain, Britania Raya merupakan wilayah Inggris Raya atau United Kingdom-yang terdiri dari Inggris, Wales, dan Skotlandia-ditambah Irlandia utara.

Batas Wilayah Inggris

Daratan Inggris berbatasan dengan Skotlandia di bagian utara. Sedangkan di barat berbatasan dengan Laut Irlandia, Wales, dan Samudra Atlantik. Lalu, di selatan berbatasan dengan Selat Inggris dan di sebelah timur ada Laut Utara.

Relief Wilayah Inggris

Relief wilayah Inggris terbagi dua yaitu berupa pegunungan di bagian utara dan dataran rendah yang bergelombang di bagian timur dan selatan. Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, topografi Inggris memiliki ketinggian yang rendah, kecuali di bagian bagian timur yang jarang didapati tanah datar.

Sebagian besar wilayah Inggris terdiri dari lereng bukit, dengan ketinggian tertinggi ditemukan di utara, barat laut, dan barat daya. Lanskap ini didasarkan pada struktur dasar yang kompleks yang membentuk pola rumit pada peta geologi Inggris.

Di semenanjung barat daya, tepatnya di Cornwall dan Devon, terdapat batuan sedimen tertua dan beberapa batuan beku di perbukitan granit yang terisolasi. Batuan vulkanik kuno ini mendasari batuan di Pegunungan Cumbrian dan tanah aluvial baru yang menutupi Fens of Cambridgeshire, Lincolnshire, dan Norfolk.

Di antara wilayah-wilayah tersebut terbentang batu pasir dan batu gamping dari periode geologis yang berbeda. Banyak di antaranya berasal dari peninggalan zaman purba ketika sebagian besar Inggris tengah dan selatan terendam di bawah laut hangat.

Kekuatan geologis mengangkat dan melipat beberapa batuan yang kemudian membentuk 'tulang punggung' Inggris utara yang disebut Pennines. Relief ini memanjang ke selatan dari Northumberland ke Derbyshire dengan ketinggian mencapai 2.930 kaki (893 meter) di Cross Fell.

Dataran tinggi wilayah ini memiliki lereng yang pendek dan curam di bagian barat. Puncak tertinggi di Inggris merupakan Pegunungan Cumbrian, yang meliputi Distrik Danau yang terkenal, mencapai 3.210 kaki (978 meter) di Scafell Pike.

Nah, itulah relief wilayah Inggris. Erosi oleh hujan, sungai, dan pasang surut air laut di bagian timur Inggris turut membentuk perbukitan dan garis pantai.

Simak Video "Menilik Geliat Peneliti Inggris Lacak dan Pantau Varian Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia