Ini Negara yang Berbentuk Geografis Protruded di Kawasan ASEAN

Kristina - detikEdu
Selasa, 30 Nov 2021 06:45 WIB
Long exposure photo of Wat Arun temple in front of Chao Phraya river in Bangkok at dusk. Thailand
Foto: Getty Images/Eloi_Omella
Jakarta - Negara-negara di kawasan ASEAN memiliki bentuk geografis yang beragam, salah satunya berbentuk protruded. Setidaknya ada dua negara yang berbentuk protruded di kawasan tersebut.

Protruded merupakan bentuk negara yang kompleks dan beragam. Secara geografis biasanya negara ini seperti terdapat 'tangan' yang memanjang.

Selain protruded, ada empat bentuk negara lainnya. Antara lain compact, yakni hampir menyerupai lingkaran, bentuk fragmented yakni terdiri dari kepulauan yang terpisah, bentuk elongated yaitu berbentuk memanjang, dan perforated yang didalamnya terdapat negara lain.

Negara Berbentuk Protruded

Negara yang berbentuk geografis protruded di kawasan ASEAN adalah Myanmar dan Thailand. Berikut kondisi geografis kedua negara tersebut:

1. Myanmar

Myanmar, juga disebut Burma, merupakan negara yang terletak di bagian barat daratan Asia Tenggara. Pada tahun 1989 nama resmi negara tersebut diubah dari Union of Burma menjadi Union of Myanmar; dalam bahasa Burma negara tersebut dikenal sebagai Myanma (atau lebih tepatnya Mranma Pra) sejak abad ke-13, dilansir dari Ensiklopedia Britannica.

Dikutip dari buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial oleh Nurhayati, Myanmar terletak di antara 10° LU-29,1° LU dan 92° BT-101° BT. Secara geografis, negara ini berbatasan dengan China di sebelah utara, Laos dan Thailand di sebelah timur, Laut Andaman di sebelah selatan, dan Teluk Benggala di barat daya.

Negara Myanmar terdiri dari deretan lipatan di sebelah barat dan patahan blok massif di sebelah timur. Kedua bagian tersebut terletak berjajar dari wilayah utara ke selatan dengan dibatasi dataran rendah alluvial. Dataran tersebut membentang dari delta dan lembah sungai Irawadi, sungai Sittang hingga dataran di pedalaman Mandalay.

Di bagian barat Myanmar terdapat pegunungan Arakan Yoma yang dikelilingi oleh hutan lebat, pegunungan Letha, dan bukit Chin. Sedangkan di bagian timur terdapat relief alam berupa dataran tinggi Shan.

2. Thailand

Thailand merupakan negara yang terletak di tengah daratan Asia Tenggara. Negara ini sepenuhnya terletak di daerah tropis. Thailand memiliki ekosistem yang beragam, termasuk daerah berhutan berbukit di perbatasan utara, sawah subur di dataran tengah, dataran tinggi yang luas di timur laut, dan pantai terjal di sepanjang semenanjung selatan yang sempit.

Secara astronomis Thailand terletak di antara 5°32' LU-20°28' LU dan 97°21' BT-106° BT. Secara geografis, negara ini berbatasan dengan Myanmar dan Laos di sebelah utara, dengan Malaysia dan Teluk Siam di sebelah selatan, dengan Myanmar dan Laut Andaman di sebelah barat, dan berbatasan dengan Laos dan Kamboja di sebelah timur.

Berdasarkan fisiografinya, wilayah utara negara Thailand terdiri dari perbukitan dan pegunungan dengan Gunung Doi Inthanon sebagai puncak tertingginya. Sedangkan, pada bagian timur terdapat Plato Korat. Sementara Semenanjung Malaya dan Tanah Genting mengisi bagian selatan Negeri Gajah Putih ini.

Selain di kawasan ASEAN, negara yang berbentuk geografis protruded lainnya adalah Namibia, sebuah negara yang terletak di pantai barat daya Afrika.

Simak Video "Warga Myanmar Menyeberang ke Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia