5 Hewan Paling Berjasa Sepanjang Sejarah Kehidupan Manusia

Kristina - detikEdu
Senin, 29 Nov 2021 20:00 WIB
Para petugas membawa kuda jenis Lipizzaner di sekolah berkuda di Wina, Austria (24/11).  Pertunjukan yang biasanya dipenuhi penonton tiba-tiba sunyi karena kebijakan lockdown Covid-19.
Foto: AP/Vadim Ghirda
Jakarta - Sekitar 30-40 spesies teridentifikasi telah dijinakkan untuk membantu kehidupan manusia, menurut hasil penelitian. Para peneliti mengungkap penjinakan hewan telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu.

Pengadopsian hewan liar ke dalam kehidupan sehari-hari manusia atau domestikasi bukanlah proses yang sederhana. Dalam sejarah peradaban manusia, domestikasi telah berlangsung selama ribuan tahun pada waktu dan tempat yang berbeda di seluruh dunia.

Hewan Paling Berjasa

Kehidupan manusia mungkin akan berbeda tanpa bantuan dan dukungan dari hewan-hewan peliharaan mereka. Beberapa hewan telah berjasa dalam membantu manusia dalam berburu, memikul beban, menyediakan kebutuhan makanan, dan sebagainya.

Berikut 5 hewan paling berjasa yang telah membantu manusia sejak ribuan tahun yang lalu, dilansir dari Discover Magazine:

1. Anjing

Theo, anjing polisi yang digigit (Manchester Evening News)Theo, anjing polisi yang digigit (Manchester Evening News) Foto: Theo, anjing polisi yang digigit (Manchester Evening News)

Belum diketahui pasti kapan anjing liar pertama kali dijinakkan untuk membantu kehidupan manusia. Namun, para arkeozoolog dan ahli genetika tidak membantah bahwa 'sahabat manusia' ini juga merupakan teman pertama kita dari dunia hewan. Diperkirakan pertemanan tersebut telah berlangsung sejak 14.000-40.000 tahun yang lalu.

Hubungan manusia dengan anjing telah dimulai sejak zaman berburu dan meramu, jauh sebelum mulai bertani atau membangun peradaban apa pun. Anjing diketahui telah berjasa dalam memberikan perlindungan, pengendalian hama, dan persahabatan.

2. Kambing

Beternak kambing hias bisa jadi pilihan usaha yang menjanjikan. Seperti peternak di Lampung Tengah ini yang mampu raup cuan puluhan juta dari kambing hias.Beternak kambing hias bisa jadi pilihan usaha yang menjanjikan. Seperti peternak di Lampung Tengah ini yang mampu raup cuan puluhan juta dari kambing hias. Foto: Agung Pambudhy

Beberapa peneliti menganggap kambing sebagai spesies ternak pertama yang didomestikasi. DNA ternak tertua yang diketahui ditemukan di Iran adalah seekor kambing dan berasal dari sekitar 8.200 SM, bersamaan dengan peralihan kehidupan berburu dan meramu menjadi petani dan penggembala.

Tidak seperti anjing, kambing menyediakan sumber makanan yang siap diolah seperti susu dan daging dan bahan berguna lainnya, termasuk rambut, kulit, dan tulang untuk berbagai kebutuhan manusia. Bahkan, kotoran mereka berguna untuk menyuburkan tanah. Hal ini terjadi sejak 10.000-11.000 tahun yang lalu.

3. Sapi

Usaha yang terbilang unik yakni penggemukan sapi ada di kawasan Lampung. Tak main-main, bisnis ini meraup omzet puluhan juta rupiah.Usaha yang terbilang unik yakni penggemukan sapi ada di kawasan Lampung. Tak main-main, bisnis ini meraup omzet puluhan juta rupiah. Foto: Agung Pambudhy

Penelitian terbaru telah melacak semua ternak ke kawanan kecil yang dijinakkan dan diketahui sapi telah jinak sejak 10.500 tahun yang lalu. Hewan ternak yang berbadan besar ini banyak digunakan untuk membantu manusia di sektor pertanian, seperti membajak sawah dan mengangkut barang.

4. Kuda

5 Makanan Eksotis Ini Ternyata Halal, Bulu Babi hingga Daging Kuda5 Makanan Eksotis Ini Ternyata Halal, Bulu Babi hingga Daging Kuda Foto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

Sebelum kuda didomestikasi, hubungan paling awal antara manusia dan kuda adalah sebagai pemangsa dan mangsa, pada saat itu kuda liar diburu untuk dimakan. Hal ini diketahui dari seni gua yang ada sejak 30.000 tahun yang lalu.

Upaya domestikasi kemudian mulai terjadi sekitar 6.000 tahun yang lalu. Banyak pendapat mengatakan penjinakan kuda untuk pertama kalinya banyak dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di Stepa Eurasia Barat.

Kuda berjasa bagi manusia dalam menyediakan pasokan daging dan susu segar. Selain itu, kuda juga banyak digunakan sebagai kendaraan untuk mengangkut barang.

5. Kucing

His name could be garfieldHis name could be garfield Foto: Getty Images/iStockphoto/Jérémy Stenuit

Sebuah survei DNA dari 9.000 tahun terakhir terhadap kucing liar dan jinak, menunjukkan bahwa kucing hidup berdekatan dengan manusia selama berabad-abad tanpa benar-benar dijinakkan. Kucing liar akan tertarik dengan manusia karena upaya pertanian awal yang menghasilkan sumber daya dan limbah.

Kucing juga menjadi hewan berjasa dalam kehidupan manusia seperti menjaga makanan manusia dari tikus. Bukti paling awal yang menunjukkan kucing telah menjadi kucing rumahan berasal dari seni Mesir yang berasal dari 4.000 tahun yang lalu.

Simak Video "Ini Lego, Kucing Anies yang Hanya Memiliki Tiga Kaki"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia