Peringkat Kemampuan Bahasa Inggris Negara ASEAN, Indonesia ke Berapa?

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 29 Nov 2021 19:00 WIB
Komunikasi bahasa inggris
Foto: shutterstock
Jakarta - Kemampuan berbahasa Inggris adalah salah satu yang sangat dibutuhkan dalam dunia akademik maupun profesional. Laporan Indeks Kecakapan Bahasa Inggris 2021 yang dirilis oleh pusat kursus English First menyebutkan, ada 2,5 miliar penutur bahasa Inggris di dunia ini. Tetapi, hanya ada 400 juta orang yang merupakan penutur asli.

Laporan itu menyajikan analisis kecakapan bahasa Inggris 2 juta orang dewasa dari berbagai negara, setelah mereka mengikuti tes yang diselenggarakan oleh EF pada 2020. Salah satu hasil laporan ini memperlihatkan, bahasa Inggris dapat meningkatkan daya saing ekonomi.

Penemuan mereka turut sejalan dengan penelitian yang menunjukkan, perusahaan dengan tim manajemen internasional memperoleh lebih banyak pendapatan dari inovasi, ketimbang kompetitor mereka yang anggotanya tidak begitu beragam.

Ada 112 negara yang mengikuti tes analisis kecakapan bahasa Inggris EF ini. Sebanyak 24 negara dari mereka berasal dari Asia dan delapan dari 24 negara tersebut adalah dari Asia Tenggara.

Seperti apa peringkat kecakapan bahasa Inggris negara-negara ASEAN? Cek ada di posisi berapakah Indonesia!

Ranking Kecakapan Bahasa Inggris Negara ASEAN Versi EF

  1. Singapura, peringkat 4 dunia
  2. Filipina, peringkat 18 dunia
  3. Malaysia, peringkat 28 dunia
  4. Vietnam, peringkat 66 dunia
  5. Indonesia, peringkat 80 dunia
  6. Myanmar, peringkat 93 dunia
  7. Kamboja, peringkat 97 dunia
  8. Thailand, peringkat 100 dunia.

Berdasarkan peringkat dunia, penduduk Singapura tergolong memiliki kecakapan bahasa Inggris sangat tinggi. Kemudian, Filipina dan Malaysia dikategorikan pada kecakapan tinggi.

Sementara, Vietnam dan Indonesia termasuk dalam kecakapan rendah. Sedangkan Myanmar, Kamboja, dan Thailand dikategorikan dalam kecakapan sangat rendah.

Dari 2 juta orang dewasa peserta tes, rata-rata usia mereka adalah 26 tahun. Sebanyak 96 persen peserta berusia di bawah 60 tahun.

Kemampuan bahasa Inggris adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Sehingga, Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) mulai 2025 nanti juga akan menambahkan aspek ini ke dalam penilaian Programme for International Student Assessment (PISA).

Simak Video "Ridwan Kamil Tuntut Arteria Minta Maaf ke Masyarakat Sunda"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia