10 Bahasa Pertama di Dunia, Lebih Dulu Bahasa China atau Arab?

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 27 Nov 2021 13:50 WIB
CAIRO, EGYPT - OCTOBER 23: The Alexander Ponomarevs Ouroboross installation on October 23, 2021 in Cairo, Egypt. The exhibition, presented by the organization Art DEgypte in partnership with the Egyptian Ministry of Antiquities and Tourism, features a sculpture trail around the Giza plateau with works by Egyptian and foreign contemporary artists. (Photo by Sima Diab/Getty Images)
Bahasa pertama di dunia tercatat berasal dari Mesir (Foto: Getty Images/Sima Diab)
Jakarta - Bahasa pertama di dunia menjadi akar sekitar 7.000 bahasa di dunia saat ini. Sejumlah bahasa tertua di dunia tersebut ada yang masih digunakan sehari-hari, sementara beberapa lainnya digunakan dalam kegiatan tertentu.

Dikutip dari Oldest, kendati sulit mengetahui kapan tepatnya sebuah bahasa muncul dan berkembang, bukti-bukti tertulis peninggalan dari berbagai peradaban menjadi referensi untuk mengetahui kapan sebuah bahasa digunakan. Berikut sejumlah bahasa pertama di dunia.

Bahasa Pertama di Dunia

1. Bahasa Mesir Koptik

Bahasa Mesir Koptik merupakan bahasa tertua di dunia dari warisan Mesir Kuno. Penggunaan bahasa ini dibuktikan dari makam berusia sekitar 3200 SM. Orang Mesir menggunakan bahasa Koptik sebagai bahasa percakapan hingga sekitar abad ke-17, lalu digantikan dengan bahasa Arab.

Bahasa Mesir Koptik kini hanya digunakan sebagai bahasa liturgi oleh gereja Ortodoks Koptik Alexandria dan gereja Katolik Koptik.


2. Bahasa Yunani (Greek)

Bahasa Yunani merupakan bahasa Indo-Eropa tertua di dunia yang masih digunakan hingga hari ini. Bahasa yang berasal dari Kreta dan Siprus, Yunani ini setidaknya sudah digunakan sekitar abad ke-16 SM. Bahasa Yunani merupakan salah satu bahasa paling penting dalam sejarah karena menjadi akar banyak kata di berbagai bahasa modern.

Salah satu bentuk bahasa Yunani yang populer adalah bahasa Mycenaean Greek.

3. Bahasa Sanskerta (Sanskrit)

Bahasa Sanskerta merupakan bahasa kuno yang setidaknya sudah digunakan sejak 3.500 tahun lalu di peradaban India Kuno. Bentuk bahasa Sanskerta tertua yang pernah diketahui adalah bahasa Sanskerta Vedic di Rigveda, teks kanon sakral Hindu. Penelitian pada bagian teks tersebut mendapati pembuatannya berkisar tahun 1500 SM.

4. Bahasa China

Bahasa China modern berasal dari bahasa China Kuno yang sudah ada sejak 3000 tahun lalu. Penggunaan pertama bahasa China Kuno tercatat pada Dinasti Shang dengan sistem penulisan Oracle Bone Script yang dulu digunakan untuk ramalan.

Bahasa China modern kini merupakan warisan langsung dari Oracle Bone Script dan salah satu bahasa tertua yang masih ada hingga kini. Perbedaan penggunaan bahasa China di masyakarat kini lebih ke dialeknya. Namun, bahasa China terstandar atau Mandarin kini menjadi bahasa resmi di China.

5. Bahasa Aram

Bahasa Aram merupakan bahasa kuno yang berkaitan dengan sejumlah teks kitab paling awal yang diketahui sejak tahun 1100 SM. Bahasa Aram digunakan orang Aram di Aram Kuno, wilayah Suriah modern sejak Zaman Perunggu, sekitar 3500 SM.

Aram yang tergolong bahasa pertama di dunia ini juga digunakan di Babilonia dan Asyur (kini Irak, Suriah, Iran, dan Turki). Seperti bahasa kuno lainnya, bahasa Aram modern berbeda dengan bahasa lamanya.



Simak Video "Ridwan Kamil Tuntut Arteria Minta Maaf ke Masyarakat Sunda"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia