Mengapa Kucing Punya Kebiasaan Sering Tidur?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 26 Nov 2021 20:32 WIB
Ilustrasi kucing
Foto: Pixabay/TeamK
Jakarta -

Seberapa sering kamu melihat kucing tidur? Mungkin kebanyakan akan menjawab hal yang sama yakni terlalu sering melihat kucing tidur baik di waktu pagi, siang, sore, atau malam.


Untuk mengetahui kebiasaan kucing, mungkin bisa dimulai dari waktu rata-rata kucing tidur yang mencapai 15 jam per hari.


Bahkan beberapa dari mereka memiliki waktu tidur hingga 20 jam, terutama anak kucing dan kucing yang lebih tua.


Bukan karena Malas


Banyak orang menganggap kebiasaan sering tidur kucing dikaitkan dengan sifat pemalas. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar karena alasan kucing sering tidur adalah pola makan sebagai hewan karnivora.


Tidur akan membantu kucing mencerna protein sehingga kekebalan tubuhnya terjaga. Sementara untuk kucing di alam liar, tidur akan memulihkan fisik setelah mereka bekerja keras untuk mencari makanan.


Selain itu, kucing juga tergolong pemangsa krepuskular, yang berarti hewan yang aktif selama peralihan waktu terang menuju gelap seperti senja. Selain waktu itu, kucing cenderung memilih tidur.


Tertidur dalam Kondisi Siap 'Menerkam'


Jika banyak orang menganggap kucing menggemaskan saat tidur namun nyatanya mereka selalu dalam kondisi siap bahkan ketika saat tidur.


Indera penciuman dan pendengaran mereka dalam mode "aktif" serta telinga sesekali berkedut. Meski terlihat tenang, mereka siap untuk bereaksi seketika baik menerkam mangsa, memukul dan mencakar.


Oleh karena itu seringkali terjadi ketika kucing tertidur dan mendengar suara yang mengagetkan mereka mengeluarkan cakarnya.


Apakah Ada Masalah Kesehatan Jika Kucing Sering Tidur?


Menurut Animal Medical Centre Amerika Serikat, jumlah waktu tidur tidak menentukan masalah kesehatan kucing.


Kebiasaan tidur mereka hanya akan membantu mengetahui pola tidur normal kucing dan mengenali kapan pola itu berubah secara signifikan.


Jika kucing mulai tidur lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya, kemungkinan ada masalah kesehatan. Hal itu perlu dicek oleh dokter hewan.


Umumnya, kucing yang mulai tidur lebih awal dari biasanya bisa jadi adalah indikasi sakit atau mengalami rasa sakit. Sebaliknya, jika kucing mulai kurang tidur dari biasanya, mereka mungkin menderita kelebihan hormon atau kondisi lain.



Simak Video "Ini Lego, Kucing Anies yang Hanya Memiliki Tiga Kaki"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia