Anak Sulung Ahok Anut Isolated Living, Apa Maksudnya?

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 26 Nov 2021 16:30 WIB
Nicholas Sean
Foto: Nicholas Sean
Jakarta - Anak sulung Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Nicholas Sean Purnama mengakui dirinya menganut gaya hidup isolated living atau hidup terisolasi. Gaya hidup terisolasi yang dimaksud oleh Sean di sini bukan terkait dengan COVID-19.

Gaya hidup isolated living yang dijalani oleh Sean berkaitan dengan kepribadiannya yang tergolong sebagai introver. Beberapa ciri khas umum yang dimiliki seorang introver menurut Healthline adalah, melakukan aktivitas lebih baik di lingkungan yang tenang, suka menghabiskan waktu sendirian, dan menunjukkan lebih sedikit antusiasme dalam sebuah kegiatan bersosialisasi.

Seperti dikutip dari 20 detik, mahasiswa yang hendak menjalani program koas atau dokter muda ini menyatakan dirinya memang lebih senang menyendiri. "Saya lebih suka sendiri, lebih nyaman," ujar Sean.

Ketika ditemui oleh wartawan, sosok 23 tahun ini tengah menulis sebuah argumentasi mengenai isolated living. Judul tulisannya adalah Justification for Isolated Living.

Sean mengaku gemar menulis agar suatu saat ketika membutuhkan sesuatu, pengalaman hidup yang ia tulis dapat mengingatkannya akan prinsip-prinsip yang dia anut.

Apa yang Dimaksud dengan Isolated Living?

Gaya hidup isolated living yang dimaksud oleh Sean adalah pilihan hidup untuk menyendiri. "Di situ saya berargumentasi, lebih enak hidup sendiri," tegasnya merujuk pada tulisan argumentasi yang dia buat.

Menurutnya, seseorang dapat mengembangkan pemikirannya ketika sedang sendirian. Dalam tulisannya Sean ingin menunjukkan bahwa meski introver dan memiliki ide sendiri, seseorang bisa bertahan sendirian. "Nggak harus pakai cara harus ramai-ramai," jelas dia.

Sean juga mengutip kata-kata dari Robin William di mana hal terburuk dalam hidup bukanlah sendirian, tetapi dikelilingi banyak orang yang membuat seseorang merasa kesepian.

Dia menegaskan, bukan berarti dirinya kesepian, karena menurutnya lonely (kesepian) dan alone (kesendirian) adalah dua hal yang berbeda. "Kesendirian adalah semacam hal yang objektif ya, (sedangkan) kesepian adalah perasaan, " terangnya.

Sean mengaku menyukai kesendirian karena ada banyak waktu baginya untuk berpikir dan merefleksikan diri.

Dilansir dari NYstrom & Associate, pendapat seorang terapis asal Amerika bernama Sharon Melin dapat memperjelas apa perbedaan dari sendirian dan kesepian seperti yang dikatakan oleh Sean.

Sendiri adalah keadaan di mana secara fisik seseorang tidak bersama dengan siapapun. Sementara, kesepian adalah suatu perasaan tidak terhubung dengan orang lain, bahkan ketika bersama dengan orang lain.

Adakah Dampak Terlalu Lama Sendirian?

Disebutkan dalam Psych Alive, sendirian secara fisik memang dapat memberi waktu bagi otak untuk kembali mengisi energi dan meningkatkan produktivitas. Demikian kata psikolog asal Amerika bernama Sherrie Bourg Carter.

Di samping itu Carter juga menuturkan, kesendirian dapat meningkatkan kreatifitas dan membantu kita menghargai waktu saat bersama dengan orang lain.
Kendati begitu, terlalu banyak sendirian juga bisa memicu seseorang rentan terhadap kritik yang berasal dari dalam diri.

Beberapa ilmuwan turut mengklaim, terkoneksi secara sosial tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan emosional dan psikologis seseorang. Namun, juga punya dampak signifikan terhadap kesehatan fisik dan umur panjang.

Sementara itu, dilansir dari BBC, ada sekelompok ilmuwan di Jerman pernah melakukan penelitian terhadap sembilan penjelajah kutub yang tinggal di Antartika selama 14 bulan. Mereka menemukan, ada pengurangan volume otak pada dentate gyrus, yakni wilayah dalam otak manusia yang bertugas dalam pembentukan ingatan baru.

Para ilmuwan memperkirakan, isolasi sosial dapat menjadi penyebabnya. Para penjelajah yang diteliti tersebut juga menunjukkan buruknya performa dalam sebuah tes intelegensi.

Itu dia yang dimaksud dengan gaya hidup isolated living yang dianut anak sulung mantan Gubernur DKI Jakarta, Ahok dan dampak terlalu lama sendirian. Bagaimana pendapat detikers?

Simak Video "Rencana Nicholas Sean Usai Jadi Dokter, Ingin Hidup Seperti Biksu"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia