Pendiri Daulah Abbasiyah, Dinasti Pemilik Perpustakaan Terbesar Dunia

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 26 Nov 2021 07:00 WIB
dinasti abbasiyah
Foto wilayah kekuasaan Dinasti Abbasiyah yang sempat mendirikan perpustakaan terbesar. Foto: Getty Images/iStockphoto/Everett Atlas
Jakarta - Daulah Abbasiyah tak mungkin dilepaskan dari sejarah perkembangan Islam. Dikutip dari Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Siswa Kelas VIII MTs, dinasti ini didirikan Abdullah as-Saffah ibn Muhammad ibn Ali ibn Abdullah ibn al-Abbas.

"Abbasiyah berkuasa selama lima abad pada 132-656 H/750-1258 M. Dinasi ini menggantikan Daulah Umayyah yang telah berkuasa selama 92 tahun (40-132 H/660-750 M)," tulis buku tersebut yang diupload dalam situs perpustakaan kota Gunung Sitoli.

Selama Dinasti Abbasiyah berkuasa, Islam mengalami kejayaan dalam berbagai bidang kehidupan. Dinasti yang beribukota di Baghdad ini juga menjadi pusat peradaban seluruh dunia.

Salah satu hal yang menandai kemajuan Islam selama kekuasaan Daulah Abbasiyah adalah dibangunnya perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan tersebut didirikan pada masa pemerintahan khalifah Al Rasyid.

Dikutip dari situs Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, perpustakaan ini awalnya didirikan di masa pemerintahan Harun Al Rasyid. Perpustakaan ini bernama Khizanah Al Hikmah yang juga berfungsi sebagai pusat penelitian.

Pada tahun 815, khalifah Al Makmun Al Rasyid mengembangkan dan mengubah namanya menjadi Bait Al Hikmah. Saking besarnya, perpustakaan ini menyerupai universitas dengan koleksi mencapai 400-500 jilid buku karya para cendekiawan dengan berbagai bahasa.

"Perpustakaan Bait Al Hikmah adalah yang pertama terbesar dalam Islam. Para ulama, intelektual, dan mahasiswa memperluas serta mendalami ilmunya di perpustakaan ini," tulis situs tersebut.

Sejumlah ulama dan ilmuwan lahir di masa kejayaan Dinasti Abbasiyah. Para ahli di bidang hadits adalah Imam Bukhari, Imam Muslim, Abu Daud, Ibnu Majah, dan At Tirmidzi.

Dalam bidang matematika Dinasti Abbasiyah melahirkan Al Khawarizmi dengan karyanya Aljabar dan Umar Khayam yang menulis Treatise On Algebra. Daulah Abbasiyah juga menghasilkan para ahli astronomi yaitu Abu Mansur Al Falaqi dan Jabir Al Batani.

Simak Video "Perpustakaan Ciamis Akhirnya Dibuka Setelah Hampir 2 Tahun Tutup!"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia