Profil Negara Terluas di Amerika Selatan, Siswa Wajib Tahu!

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 24 Nov 2021 13:00 WIB
Bendera Brasil
Foto: Reuters
Jakarta - Negara terluas di Amerika Selatan adalah Brasil. Brasil merupakan negara terluas kelima di dunia setelah Rusia, Kanada, Cina, dan Amerika Serikat.

Saat ini Brasil berupaya mengubah arah pembangunan negaranya dari negara pertanian menuju negara industri. Namun, pertanian masih menjadi tulang punggung perekonomian negara.

Profil Negara Terluas di Amerika Selatan

Penduduk Brasil hidup dari pertanian dan perkebunan. Selain itu, Brasil terkenal sebagai negara penghasil kopi utama dunia. Hasil pertanian yang terkenal dari Brasil adalah kelapa, tembakau, gula, cokelat, padi, dan jagung.

Selain sektor pertanian, kehutanan di Brasil juga memiliki peran penting dalam perekonomian negara Brasil. Hutan di pedalaman Brasil masih sangat lebat. Bahkan, hasil kayu dari hutan Amazon diekspor oleh Brasil.

Brasil memiliki usaha peternakan yang cukup maju dan merupakan salah satu negara dengan produk ternak terbesar di dunia. Jenis hewan yang diternakkan oleh Brasil antara lain lembu, kambing, kuda, dan unggas.

Sementara itu, sumber mineral Brasil terbesar didominasi oleh besi, kristal kuarsa, mangan, titanium, bijih krom, bauksit, dan berbagai macam batu mulia. Di daerah Belo Horizonte banyak dijumpai lapisan bijih besi dan pabrik baja.

Daerah pusat pertambangan Brasil lainnya terdapat di sebelah Utara lembah Amazon, yaitu di Amapa dengan sumber mineralnya mangan.

Industri terbesar di Brasil adalah pengolahan baja, pemintalan kapas, dan pengolahan makanan. Sao Paulo dan Rio de Janeiro merupakan pusat industri Brasil. Perindustrian yang dikembangkan adalah minyak bumi, besi baja, mobil, kulit, bahan kimia, perkapalan, bahan makanan, tekstil, dan mesin-mesin.

Letak dan Batas Negara Brasil

Melansir buku IPS 3B karya Anwar Kurnia, negara terluas di Amerika Selatan adalah Brasil. Brasil merupakan negara Republik Federasi bekas jajahan Portugal yang merdeka sejak tanggal 7 September 1882. Negara Brasil dipimpin oleh seorang Presiden.

Ibu kota Brasil dalah Brasilia. Adapun, batas-batas negara sebagai berikut yaitu:

- Sebelah Utara dengan negara Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana Prancis, dan Samudra Atlantik.

- Sebelah Selatan dengan negara Uruguay, Argentina, dan Paraguay.

- Sebelah Barat dengan negara Kolombia, Peru, dan Bolivia.

- Sebelah Timur dengan Samudra Atlantik.

Iklim Negara Brasil

Brasil beriklim tropis basah yang mengakibatkan banyak hujan sepanjang tahun. Iklim laut mediterania terdapat di daerah perbatasan Brasil dengan Argentina dan Uruguay.

Penduduk Negara Brasil

Penduduk Brasil terdiri dari tiga jenis yaitu:

- Penduduk asli yang berasal dari suku bangsa Indian.

- Penduduk pendatang yang terdiri dari kulit putih (bangsa Eropa) Portugis dan Spanyol serta kulit hitam (Negro).

- Penduduk campuran yang terdiri dari suku bangsa Mulato, Mestizo, dan Zombo.

Bahasa resmi dari Brasil, yaitu bahasa Portugis dan bahasa lainnya, seperti Spanyol, Inggris, dan Prancis. Mayoritas penduduk Brasil beragama Katolik Roma (89%), Protestan (7%), dan agama lainnya (4%).

Jadi detikers sudah paham kan negara terluas di Amerika Selatan adalah Brasil. Selamat belajar!

Simak Video "Presiden Bolsonaro Masuk Rumah Sakit Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia