Perayaan 10 Tahun Tari Saman Masuk Unesco, Lestarikan Budaya Indonesia

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 23 Nov 2021 20:30 WIB
Tari Saman
Foto: Duta Saman Indonesia
Jakarta -

Pada tanggal 24 November 2011, Tari Saman resmi masuk ke dalam daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) Unesco. Di Indonesia sendiri popularitas Tari Saman mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas.

Tari Saman sendiri telah mencetak rekor MURI melalui beberapa event besar yang diselenggarakan di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Rekor MURI tersebut juga didapat dari Pagelaran Saman Massal pada tahun 2015 dengan jumlah penari lebih dari 5001 orang dan pada tahun 2017 Pagelaran Saman Massal dengan jumlah penari sebanyak 12.277 orang.

Adapun beberapa event rutin tahunan Tari Saman yang diselenggarakan di Jakarta, Banda Aceh dan Kab. Gayo Lues.

"Namun, sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh negara termasuk Indonesia. Seluruh kegiatan Sosial dan Budaya menjadi terhenti secara luring, ditambah lagi pemahaman masyarakat umum tentang Saman masih banyak yang kurang tepat. Sehingga dibutuhkan suatu inovasi kegiatan dan ide kreatif sebagai upaya pelestarian Tari Saman kepada Masyarakat seantero Nusantara dan Dunia," tulis keterangan yang diterima oleh detikEdu dari Duta Saman Institute (DSI), Selasa (23/11).

Dalam momentum 10 tahun Tari Saman yang masuk ke dalam daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO pada tanggal 24 November 2021, Duta Saman mengajak masyarakat untuk merayakan Tari Saman.

"Kita mengajak seluruh lapisan Masyarakat untuk bangkit memajukan Kebudayaan Indonesia khususnya Tari Saman dengan Membangun Ekosistem Pengembangan dan Pemanfaat Tari Saman," tulis Aminnulah, Ketua Umum Duta Saman Institute (DSI) kepada detikEdu (23/11).

Lebih lanjut kegiatan perayaan tersebut mencakup Training of Trainers (ToT) Virtual Tari Saman, Peluncuran Buku dan Video Panduan Tari Saman, Peluncuran Jejaring Pelatih Tari Saman yang tersebar di beberapa Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dan pembukaan Pelatihan Saman Massal Virtual.

Peringatan 10 tahun Tari Saman juga akan ditutup pada acara puncak yang digelar secara virtual pada tanggal 27 November 2021. Nantinya acara ini dapat disaksikan melalui Live YouTube di channel Duta Saman.

Perayaan ini diikuti oleh diikuti oleh Sekolah, Sanggar Tari dan Komunitas Seni yang tersebar di beberapa Provinsi di seluruh Indonesia.

"Kita mengharapkan kegiatan ini menjadi pintu gerbang dalam Pemajuan dan Pengembangan Tari Saman Kedepannya, sehingga dapat memberikan dampak positif kepada seluruh stakeholder," ujar Aminnulah.



Simak Video "Butuh Konsentrasi, Mencoba Harmonisasi Gerakan Tari Saman, Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia