Siswa, Ini 10 Museum Unik di Indonesia, Ada yang Bertema Kematian hingga Sisa Harta

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 21 Nov 2021 14:00 WIB
Dasyatnya letusan Merapi pada tahun 2010 lalu menyisakan duka dan kenangan. Buktinya dapat dilihat dari Museum Sisa Hartaku yang berada di lereng Merapi.
Foto: Agung Mardika/detikcom
Jakarta - Museum merupakan tempat yang menjadi salah satu cara untuk mengapresiasi atau menghargai suatu hal baik karya seni atau hal berharga lainnya.


Jika biasanya museum berisi lukisan atau patung yang menawan, di Indonesia terdapat museum unik yang menghadirkan hal menarik seperti berbagai jenis nyamuk, tembakau, hingga harta sisa bencana.


Daftar 10 Museum Unik di Indonesia:


1. Museum Al-Qur'an

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta tak hanya punya berbagai rumah adat. Di sana ada pula museum dengan koleksi mushaf Al-Qur'an terbesar dan terkecil se-Indonesia.


Museum tersebut memajang aneka mushaf Alquran dari dalam dan luar negeri. Ide pembangunan museum ini muncul saat Presiden Soeharto ingin memajang mushaf Al Quran terbesar di Indonesia dan berbagai mushaf lainnya yang sempat dipajang di Festival Istiqlal.


2. Museum Nyamuk Pangandaran

Museum nyamuk ini merupakan pertama di Indonesia. Museum ini berada di Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat dan dimiliki oleh Departemen Kesehatan RI melalui lembaga Loka Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Loka Litbang P2B2) Ciamis.


Di dalam museum ini terdapat replika nyamuk ukuran besar pada dinding utamanya. Ada enam Genus (tingkatan) koleksi nyamuk yang dimiliki museum ini, yaitu, Aedes, Culex, Anopheles, Mansonia, Armigeres dan Toxor.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Deputi Gubernur BI Mirza Adityaswara meresmikan revonasi tata ruang museum BI. Yuk tengah wajah barunya.Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Deputi Gubernur BI Mirza Adityaswara meresmikan revonasi tata ruang museum BI. Yuk tengah wajah barunya. Foto: Puti Aini Yasmin


3. Museum Bank Indonesia, Jakarta

Museum Bank Indonesia dianggap unik dan menarik karena memiliki segala aspek seperti informasi, benda pameran yang mumpuni dan alat peraga yang berteknologi.


Di sini juga terdapat sejarah keuangan di Indonesia dari zaman dahulu kala dengan melewati ruang antar ruang.


4. Museum Seni Agung Rai, Ubud

Belum lengkap jika menyebut museum tanpa melihat karya seni yang hebat. Di Museum Senin Agung Rai atau yang disingkat menjadi (ARMA) tak hanya sekadar museum tapi juga pusat seni budaya yang menjadi wadah terjaganya budaya Bali.


Uniknya, koleksi yang disajikan di sini mulai dari zaman sebelum perang, sampai masa modern. Beberapa seniman yang memiliki karya di sini adalah Willem Gerard Hofker, Rudolf Bonnet dan Willem Dooijewaard.


5. Museum Pasifika, Nusa Dua

Masih di Bali, ada Museum Pasifika di daerah Nusa Dua yang mengumpulkan segala perbedaan dari suku yang ada di Asia Pasifik.


Dengan benda pajangan seni yang begitu beragam, museum ini menjadi yang paling unik di Bali. Di sana ada 11 paviliun yang bisa ditelusuri mulai dari Indonesia, Indochina, Indo-Eropa sampai Polynesian.

Begini Isi Markas Besar Pabrik Rokok SampoernaBegini Isi Markas Besar Pabrik Rokok Sampoerna Foto: Ria Rahmawati/d'Traveler


6. Museum House of Sampoerna, Surabaya

Di Surabaya ada Museum Sampoerna yang menjadi salah satu museum unik di Indonesia. Museum ini menawarkan sejarah awal mula Kretek dari merk Sampoerna, termasuk sejarah dari keluarga Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna.


7. Museum Ullen Sentalu

Bagi yang sering datang ke daerah Solo dan Yogyakarta bisa menemukan museum unik yang berisi sejarah Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta.


Museum yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, ini juga menghadirkan beragam benda pusaka dan seni yang dimiliki dua keraton tersebut.


8. Museum Tsunami

Museum Tsunami di Aceh meraih juara pertama dalam kategori destinasi wisata unik terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2020.


Museum ini berisi sejarah tsunami Aceh 2004, dampak yang ditimbulkan, dan kenangan dari korban yang selamat, silakan kunjungi museum ini.

Dasyatnya letusan Merapi pada tahun 2010 lalu menyisakan duka dan kenangan. Buktinya dapat dilihat dari Museum Sisa Hartaku yang berada di lereng Merapi.Dasyatnya letusan Merapi pada tahun 2010 lalu menyisakan duka dan kenangan. Buktinya dapat dilihat dari Museum Sisa Hartaku yang berada di lereng Merapi. Foto: Agung Mardika/detikcom


9. Museum Sisa Hartaku

Mirip dengan Museum Tsunami di Aceh, museum yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, ini juga mengungkap sejarah dan kenangan dari letusan Gunung Merapi pada tahun 2010.


Disebut museum sisa hartaku karena berisi harta-harta yang tersisa dari ganasnya sapuan wedhus gembel letusan Merapi.


10. Museum Kematian Unair

Museum Etnografi dan Pusat Kajian Kematian FISIP Unair didirikan oleh Dr. Phil Toetik Koesbardiati, Ph.D., pada 25 September 2005.


Museum ini awalnya hanya menyimpan temuan hasil galian dari penelitian atau kuliah lapangan mahasiswa Antropologi untuk dijadikan bahan pembelajaran.


Namun, setelah direvitalisasi, museum ini didirikan sebagai pusat edukasi, riset, serta sebagai media rekreasi yang mengangkat tema kematian.


Nah, itulah 10 museum unik di Indonesia. Kalau detikers ingin mengunjungi yang mana?

Simak Video " 'Robostation', Museum Robot Interaktif di Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia