Definisi Kemiskinan Struktural Lengkap dengan Ciri dan Faktor Penyebabnya

Olivia Sabat - detikEdu
Jumat, 19 Nov 2021 07:30 WIB
Pemerintah mengungkapkan bahwa sekitar 10,86 juta jiwa penduduk Indonesia mengalami kemiskinan ekstrem pada 2021. Mengatasi hal itu, pemerintah akan memberikan subsidi dan pemberdayaan.
Pemerintah ungkap 10 juta warga alami kemiskinan ekstrem (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta -

Kemiskinan struktural adalah salah satu bentuk masalah kemiskinan. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tuntas mengenai kemiskinan struktural, mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga faktor penyebabnya.

Menurut Selo Soemardjan, kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang dialami oleh suatu golongan masyarakat karena suatu struktur sosial masyarakat yang tidak bisa ikut menggunakan sumber-sumber pendapatan yang sebenarnya tersedia bagi mereka.

Ciri-ciri Kemiskinan Struktural

Melansir buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sosiologi karya tim GTK DIKDAS, ciri-ciri masyarakat yang mengalami kemiskinan struktural, yaitu:

1. Tidak adanya mobilitas sosial secara vertikal (tegak lurus dari atas ke bawah). Mereka yang miskin akan tetap hidup dengan kemiskinannya.

2. Munculnya ketergantungan yang kuat dari kelompok masyarakat miskin terhadap kelompok masyarakat dengan kelas sosial dan ekonomi di atasnya.

Faktor Penyebab Kemiskinan Struktural

Mengutip jurnal Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Miskin yang ditulis oleh Bagong Suyanto, faktor penyebab dari kemiskinan struktural adalah struktur sosial yang ada membuat anggota atau kelompok masyarakat tidak menguasai sarana ekonomi dan fasilitas-fasilitas secara merata.

Kemudian perbedaan yang tajam antara kelompok masyarakat yang hidup berkekurangan dengan kelompok masyarakat yang hidup dalam kemewahan. Hal ini terjadi karena kelompok masyarakat yang kaya raya biasanya berhasil memonopoli dan mengontrol berbagai kehidupan, terutama dalam ekonomi dan politik.

Dengan begitu, kelompok masyarakat yang miskin tidak memiliki kekuatan untuk memperbaiki hidupnya dan terjadilah kemiskinan struktural.

Contoh kelompok masyarakat yang mengalami kemiskinan struktural adalah para petani yang tidak memiliki tanah pribadi atau petani dengan kepemilikan lahan yang kecil sehingga hasilnya tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Golongan lain yang juga mengalami kemiskinan struktural adalah buruh yang tidak terpelajar dan terlatih yang dikenal dengan sebutan unskilled labour.

Nah, itu dia penjelasan mengenai kemiskinan struktural, mulai dari pengertian, ciri-ciri, dan faktor penyebabnya.



Simak Video "Pilu Pasutri Lansia di Polman, Hidup di Tengah Hutan dalam Gubuk Reyot"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia