Negara Tempat Berdirinya Menara Pisa yang Miring Sejak 8 Abad Lalu

Kristina - detikEdu
Kamis, 18 Nov 2021 15:54 WIB
Pisa, Italy - August 17, 2014: The Leaning Tower of Pisa in the Square of Miracles (Piazza dei Miracoli).
Foto: Getty Images/PhotoFires
Jakarta - Menara Pisa merupakan menara bel atau lonceng gereja Katedral. Uniknya, sudah 8 abad menara ini berdiri miring di atas tanah namun tidak roboh.

Menara Miring Pisa terkenal dengan pondasinya yang kokoh karena mampu menahan keseimbanganan bangunan. Menara ini berdiri setinggi 185 kaki atau sekitar 56 meter dan memiliki kemiringan hingga 4 meter.

Menara Miring Pisa berada di negara Italia. Menara ini terletak di kota Pisa. Sebuah kota di Italia Tengah (wilayah Tuscany) yang terletak di dataran aluvial Sungai Arno, sekitar 80 kilometer barat Florence.

Pembangunan Menara Pisa

Melansir Ensiklopedia Britannica, pembangunan menara lonceng ini dimulai pada tahun 1173. Pada awalnya, menara ini dibangun di atas tanah yang rata dan berdiri tegak untuk tiga lantai pertamanya. Namun, lima tahun berselang, tepatnya pada 1178, bangunan mulai terlihat miring.

Pada saat itu, perang pecah antara negara-kota Italia. Pisa terlibat peperangan dengan negara kota terdekat Genova. Hal tersebut membuat konstruksi dihentikan selama hampir satu abad. Jeda ini memungkinkan pondasi menara untuk menetap dan kemungkinan mencegah keruntuhan dini.

Pembangunan dilanjutkan pada tahun 1272. Pekerjaan dilakukan hingga tingkat ke-7 dan berhasil diselesaikan pada tahun 1284 dengan bangunan yang tetap berada dalam kemiringan. Satu lantai terakhir mulai dibangun sekitar tahun 1350. Seluruh konstruksi selesai pada 1372 dan tujuh lonceng dipasang di atas menara.

Pembangunan Menara Miring Pisa ini turut melibatkan beberapa insinyur. Mulai dari insinyur Giovanni de Simone hingga Tommaso Pisano.

Apa yang Menyebabkan Menara Pisa Miring?

Melansir situs Menara Miring Pisa, ketidakstabilan tanah bukanlah masalah terkait dengan lokasi spesifik menara. Bahkan, beberapa menara lain di Pisa juga dalam kondisi yang sama. Tampaknya seluruh kota Pisa dibangun di atas jenis tanah yang tidak stabil yang sama.

Untuk mengatasi kemiringan berat dari tiga lantai pertama, para insinyur harus meninjau desain dan mengubah geometri menara untuk mengimbangi kemiringan yang tidak direncanakan.

Hingga kini, menara Pisa tetap menjulang tinggi dengan kemiringannya. Beberapa fakta yang disebut berkontribusi untuk menjaga menara tetap berdiri hingga kini, yakni kemiringan menara yang condong ke arah selatan.

Kondisi tersebut membuat bangunan membelok ke sisi Utara ketika matahari bersinar terik di atas menara. Fakta lain adalah adanya jeda pembangunan Menara Pisa akibat perang dengan negara kota terdekat Pisa.

Nah, itulah Menara Miring Pisa yang berada di negara Italia. Bagaimana detikers, tertarik berkunjung ke sana?

Simak Video "Mahfud Cek Persiapan Natal di Gereja Katedral, Beri Pesan Toleransi"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia