10 Negara yang Laki-lakinya Punya Budaya Pakai Rok, Indonesia Termasuk lho!

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 12 Nov 2021 20:00 WIB
Man wearing kilt with a fan blowing it up.
Foto: (iStock)
Jakarta -

Sejumlah negara di dunia punya budaya di mana laki-laki memakai rok. Dan rupanya, Indonesia adalah salah satunya. Detikers tahu, apa saja negara tersebut?

Melansir dari Google Arts & Culture, rok adalah jenis pakaian tertua nomor dua di dunia. Pada zaman modern, rok lebih dikenal sebagai pakaian untuk kaum perempuan.

Dalam sebagian besar sejarah di dunia, rok sebetulnya adalah pakaian multigender dan memiliki akar budaya di seluruh penjuru dunia.

Pada zaman prasejarah, rok dikenakan karena paling simpel penggunaannya dan murah. Cara membuatnya yang tak terlalu lama, hemat bahan, dan tidak butuh perlengkapan khusus membuat manusia pada era ini memilih rok.

Untuk mengetahui negara mana saja yang punya tradisi laki-laki memakai rok, simak informasi yang dirangkum dari Google Arts & Culture, The Standard, dan History of Yesterday berikut ini.

10 Negara dengan Tradisi Pria Memakai Rok

1. Mesir

Era Mesir Kuno menyebut rok sebagai shendyt. Bahannya terbuat dari kain linen dan dikenakan di sekitar tubuh bagian bawah.

Dalam tradisi mereka dahulu, kasta sosial seseorang dapat dilihat dari rok yang dikenakan. Strata sosial kaya memakai rok yang dijahit apik dan punya model lipit. Sementara, strata sosial di bawahnya memakai model rok yang lebih simpel.

Panjangnya rok juga menandakan kekayaan seseorang. Semakin panjang roknya, memperlihatkan sosok tersebut lebih kaya.

2. Mesopotamia

Ada sebuah patung yang berasal dari 2500 sebelum Masehi dan ditemukan di sebuah kuil Mesopotamia. Patung tersebut memperlihatkan seorang laki-laki memakai rok yang disebut kaunakes.

Bagi peradaban Sumeria yang sudah ada sebelum 4000 SM, rok dipakai selutut. Bahannya terbuat dari kelopak bunga atau bulu yang dijahit. Kaunakes dikenakan oleh laki-laki maupun perempuan Sumeria.

Sama seperti shendyt, panjang rok juga menunjukkan kasta. Rok yang lebih pendek dipakai oleh budak dan prajurit.

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia