Cara Cek Plagiarisme Gratis dan Online, Ini Daftar 5 Situsnya

Puti Yasmin - detikEdu
Kamis, 11 Nov 2021 18:30 WIB
beautiful young woman are buying online with a credit card while sitting in the living room morning. Women are using a computer laptop and doing online transactions at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong/Cara Cek Plagiarisme Gratis dan Online, Ini Daftar 5 Situsnya
Jakarta - Ada banyak tindakan plagiarisme yang dilakukan di zaman sekarang. Untuk mencegah hal tersebut, detikers bisa melakukan cek plagiarisme gratis secara online.

Saat ini ada banyak situs yang menyediakan cek plagiarisme gratis. Berikut situs yang bisa detikers coba dikutip dari laman CNN Indonesia:

Situs Cek Plagiarisme

  • 1. Small SEO Tools

Situs yang bisa cek plagiarisme gratis pertama adalah Small SEO Tools. Cara menggunakannya cukup mudah, detikers cukup menyalin tulisan dan paste di kolom yang tersedia.

Situs akan mendeteksi otomatis seberapa mirip tulisan yang ditulis dengan yang ada di berbagai situs. Nanti, hasilnya akan menunjukkan jumlah persentase kemiripan tulisan.

  • 2. Copyleaks

Anda juga bisa cek plagiarisme di situs https://copyleaks.com/. Layanan ini biasa digunakan oleh para peneliti sebelum mempublikasi karya tulis mereka karena dinilai akurat.

Kelebihan situs copyleaks, yakni memiliki berbagai ratusan pilihan bahasa dan bisa mendukung banyak jenis dokumen. Selain itu, situs ini menggunakan teknologi AI.

  • 3. Duplichecker

Detikers juga bisa mencoba Duplichecker untuk mengecek plagiarisme. Situs ini menawarkan tiga pilihan pengecekan, yakni tulisan, unggahan dokumen, atau input tautan.

Nantinya, hasil cek plagiarisme ditampilkan dalam bentuk persentase untuk membandingkan kemiripan dengan tulisan yang telah dipublikasi di internet. Detikers bisa membandingkan bila persentase rendah maka tulisan termasuk katagori orisinal dan bila tinggi ada kemungkinan kurang orisinalnya.

  • 4. Plagiarisma

Situs https://plagiarisma.net/ bisa diakses untuk cek plagiarisme gratis. Menariknya lagi, situs ini memiliki lebih dari 190 pilihan bahasa yang bisa dipakai untuk pengecekan plagiarisme.

Anda cukup membuka situs. Kemudian, menyalin tulisan pada kolom yang tersedia, atau mengunggah dokumen dan mengecek keaslian tulisan.

  • 5. Quetext

Situs terakhir untuk mengecek plagiarisme adalah Quetext di https://www.quetext.com/. Sebelum melakukan cek plagiarisme, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu.

Setelah itu, akun akan terdaftar dan Anda tinggal melakukan pengecekan. Klik 'check for plagiarism' untuk menyalin tulisan yang ingin diperiksa keasliannya.

Nah, jangan lupa cek plagiarisme di situs gratis di atas ya, detikers.

Simak Video "Momen Penangkapan Pelaku Penyusupan Judi Online di Situs Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia