Siap Hadapi Industri 4.0, Ini Skill yang Perlu Kamu Kuasai

Jihaan Khoirunnisa - detikEdu
Kamis, 11 Nov 2021 15:58 WIB
Ilustrasi wanita karier
Foto: Shutterstock
Jakarta - Era revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Seiring dengan datangnya era ini maka dunia kerja pun ikut berubah.

Adapun perubahan yang paling terlihat yaitu dengan semakin banyaknya teknologi canggih yang bermunculan. Sebagai imbasnya, pekerjaan yang dilakukan oleh manusia perlahan mulai hilang.

Berdasarkan studi yang dilakukan McKinsey sekitar 23 juta pekerjaan diperkirakan akan digantikan oleh robot pada tahun 2030. Sebagian besarnya merupakan pekerjaan yang bersifat repetitif.

Di sisi lain akan muncul 27 juta hingga 46 juta jenis pekerjaan baru yang terbuka bagi masyarakat. Namun pekerjaan tersebut dinilai membutuhkan kemampuan ekstra. Hal ini membuat anak muda harus terus meningkatkan keterampilan agar bisa unggul di persaingan yang semakin ketat.

Melansir World Economic Forum, berikut skill yang wajib dikuasai agar siap menyambut era revolusi industri 4.0.

1. Complex Problem Solving

Sejak tahun 2015, kemampuan memecahkan masalah kompleks masih menjadi skill nomor satu yang paling dicari. Pada dasarnya, pemecahan masalah yang rumit perlu diiringi skill lainnya, mulai dari kemampuan mendengarkan, menganalisa, hingga mengambil keputusan. Oleh karena itu, solusi yang muncul bersifat lebih komprehensif.

2. Berpikir Kritis

Inovasi tidak akan dapat terwujud tanpa pemikiran yang kritis. Berpikir kritis yaitu ketika seseorang melakukan observasi, mengolah informasi, hingga sampai pada suatu kesimpulan yang logis. Atau dengan kata lain berpikir kritis berarti mampu melihat masalah dengan lebih detail serta merangkumnya dari berbagai sudut pandang.

3. Kreativitas

Kreativitas dinilai menjadi salah satu dari 3 kemampuan utama yang paling dibutuhkan. Utamanya dalam menghadapi digitalisasi. Sebab seseorang harus kreatif untuk bisa mengoptimalkan kemajuan teknologi. Apalagi kreativitas merupakan nilai tambah yang membedakan manusia dari mesin.

4. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional atau emotional intelligence menjadi skill yang dibutuhkan selanjutnya. Dalam hal ini kecerdasan emosional berarti seseorang mampu mengelola emosi dengan baik. Saat bekerja tentu akan ada banyak hal yang bisa membuat Anda emosi. Namun sebagai karyawan Anda dituntut untuk tetap bersikap profesional dan netral. Jangan sampai terbawa emosi hingga akhirnya mempengaruhi kinerja.

Itulah tadi kemampuan yang perlu dikuasai. Mengingat semakin pesatnya perkembangan teknologi, tentu kamu harus terus meng-upgrade diri agar bisa tetap bisa relevan dengan kebutuhan industri. Perbanyak mencari pengetahuan baru, tidak hanya terbatas pada bidang kerja saja. Adapun salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengikuti program kursus atau pelatihan.

Apalagi saat ini semakin banyak kursus online, sehingga mempermudah kamu dalam mengikuti pelatihan dari mana saja, seperti Skill Academy. Sejak dirilis pada tahun 2019, Skill Academy berhasil memenangkan Google Play Best of 2020 Award dalam kategori Personal Growth.

Platform Lifelong Learning dari Ruangguru ini menyediakan berbagai kursus online bersertifikat untuk semua jenjang, mulai dari mahasiswa, profesional, hingga masyarakat umum. Materi pelatihannya beragam, baik soft skills maupun hard skills yang disampaikan oleh pengajar berkualitas. Menariknya pelatihan tersebut bisa kamu akses seumur hidup. Skill Academy menawarkan pengalaman belajar interaktif disertai dengan video, infografis, worksheet, serta rangkuman belajar.

Simak Video "Nicholas Saputra Didapuk Jadi Duta Belajar Ruangguru"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia