Kolom Edukasi

5 Tempat Belajar jadi Full Stack Developer, Profesi yang Kian Dicari Dunia Kerja

Arif Firmansyah - detikEdu
Rabu, 03 Nov 2021 14:07 WIB
Suasana Belajar Full Stack Developer di Marker Institute
Foto: Dokumentasi Marker Institute
Jakarta - Full Stack Developer menjadi salah satu profesi yang paling banyak dicari perusahaan dalam 10 tahun ini. Profesi ini dibutuhkan karena semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan teknologi digital dan munculnya banyak startup.

Apalagi selama pandemi Covid-19, perusahaan yang membutuhkan otomasi semakin tinggi. Tidak heran kalau Full Stack Developer yang punya peran penting dalam pengembangan aplikasi semakin diminati. Sebenarnya apa saja tugas Full Stack Developer sehingga jadi sangat penting?

Secara sederhana, Full Stack Developer adalah developer dengan kompetensi sebagai frontend developer dan backend developer sekaligus. Tugasnya mengembangkan aplikasi dan membuat aplikasi mudah serta nyaman digunakan. Lulusan informatika atau ilmu komputer tentu sangat familiar dengan profesi ini. Tapi, tahukah kamu kalau untuk menjadi Full Stack Developer tidak harus dari dua jurusan tadi? Bahkan, dari lulusan ilmu sosial bisa mencoba profesi ini.

Untuk menjadi Full Stack Developer tentu ada proses belajar yang harus dijalani. Biasanya 3-6 bulan untuk menjadi Full Stack Developer pemula. Kamu yang tertarik menjadi pengembang aplikasi dengan skill ala Full Stack Developer, ada tempat belajar yang bisa kamu pertimbangkan sebagia pilihan sebagai berikut:

1. Makers Institute

Tempat belajar di Bandung ini memiliki model pembelajaran collaborative learning sekaligus menjadi co-creation hub atau tempat developer, startup founder dan talent hunter berkumpul untuk berbagi pengalaman. Ada beasiswa belajar, program magang perusahaan, dan jaminan kerja untuk lulusan bootcamp karena Makers Institute sudah memiliki ekosistem digital sendiri yang terdiri dari platform teknologi NEXTPLATFORM, startup TokoRumahan, dan perusahaan rekanan. Program belajar Full Stack Developer terbuka untuk lulusan S1/D3 semua jurusan dan berlangsung selama tiga bulan penuh.

Peserta program harus membuat final project seperti cinema ticketing app, online learning, hotel registrastion management, dan lain-lain. Makers Institute yang berdiri pada tahun 2015 menghasilkan developer yang diserap oleh berbagai startup dan perusahaan.

2. Skill Academy

Tempat belajar ini adalah hasil inovasi dari Ruangguru untuk mereka yang ingin mendapatkan belajar yang berkaitan dengan teknologi. Untuk kamu yang memiliki fasilitas Kartu Prakerja dari pemerintah, tempat ini dapat menjadi pilihan belajar materi yang berkaitan dengan Full Stack Developer. Untuk pemegang Kartu Prakerja, materi belajar bisa didapatkan secara cuma-cuma. Pilihan program tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kamu karena tersedia materi dari tingkat dasar hingga lanjutan.

Seperti halnya belajar di Ruangguru yang berlangsung secara online, belajar di Skill Academy juga berlangsung secara online. Selain menyesuaikan kebutuhan materi, kamu bisa memilih waktu belajar yang sesuai dengan kondisi kamu.

3. Inixindo

Tempat kursus yang berdiri tahun 1991 ini sepenuhnya dilakukan secara offline. Bertempat di Yogyakarta, tempat ini dapat menjadi pilihan kalau kamu ingin belajar di Yogyakarta sambil kuliah atau bekerja. Selain menyediakan fasilitas belajar, Inixindo juga memberikan sertifikat kompetensi untuk peserta yang membutuhkan. Program belajar antara lain mobile developer, web developer, data specialist, dan lain-lain. Selain program belajar resmi yang ada, Inixindo juga menyelenggarakan webinar untuk publik dengan materi yang masih berhubungan dengan dunia teknologi.

Kalau ingin menikmati suasana Yogyakarta yang tenang sambil belajar, belajar di tempat ini bisa menjadi pertimbangan kamu.

4. Hacktiv8

Ada banyak pilihan program belajar yang ditawarkan Hacktiv8 untuk pengembangan skill di bidang teknologi, termasuk belajar menjadi Full Stack Developer. Program yang dirancang di sini tidak hanya untuk anak muda dan profesional, tapi juga untuk anak-anak dengan program Coding for Kids. Seperti halnya tempat kursus IT lainnya, Hacktiv8 memiliki perusahaan rekanan untuk hiring program peserta bootcamp. Selain itu, ada program training untuk perusahaan yang ingin mengembangkan skill para karyawannya di bidang IT.

Bagi pemegang Kartu Prakerja dari pemerintah, tempat ini bisa menjadi pilihan karena ada program khusus untuk pemegang Kartu Prakerja.

5. Purwadhika

Tempat belajar tentang teknologi ini termasuk salah satu yang sudah cukup lama beroperasi di Indonesia. Nama lengkapnya Purwadhika Digital Technology School yang berlokasi di Jakarta dan BSD Tangerang. Belajar menjadi Full Stack Developer adalah salah satu program yang cukup diminati selain program lain seperti marketing dan data analyst. Purwadhika tidak hanya untuk peserta perorangan, tapi juga untuk perusahaan yang ingin meningkatkan skill para karyawan. Seperti tempat belajar yang lain, di sini tersedia program job connector yang menghubungkan lulusan kursusnya dengan dunia kerja.

Nah, detikers yang tertarik jadi Full Stack Developer, ternyata banyak tempat untuk belajar ilmu dan skill dari profesi yang satu ini.

Arif Firmansyah

Penulis adalah pelaku bisnis digital

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikcom. Seluruh isi artikel menjadi tanggungjawab penulis. (Terimakasih - Redaksi)



Simak Video "Akhir Kisah Hermiati Usai 8 Bulan Akses Rumah Tertutup Tembok"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia