7 Robot Canggih yang Diramal Bakal Kuasai Dunia Kerja di Masa Depan

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 29 Okt 2021 14:40 WIB
peraih penghargaan PBB
Foto: Screenshoot interestingengineering.com/7 Robot Canggih yang Diramal Bakal Kuasai Dunia Kerja di Masa Depan
Jakarta - Sejak dulu, peneliti selalu meramalkan bahwa kemajuan teknologi yang pesat bisa mengakibatkan pekerjaan manusia akan digantikan oleh teknologi. Hal itu mulai terbukti ketika robot-robot mulai bermunculan dan melakukan pekerjaan manusia.

Pada tahun 2015, seorang akademisi dari Future of Humanity Institute di Oxford University, Stuart Armstrong bahwa di masa depan yang bisa menggantikan pekerjaan manusia salah satunya adalah hasil kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

"Saat mesin menjadi lebih pintar dari manusia, maka kita menyerahkan roda kemudi kepada mereka," ungkapnya dikutip dari Telegraph.


Saat ini, robot telah menjadi bagian besar dari bidang medis, pertanian, perawatan rumah, seni eksplorasi ruang angkasa, dan bahkan telah membantu manusia selama pandemi ini.

Misalnya, sebuah rumah sakit di Wuhan, Cina, menggunakan robot humanoid yang disumbangkan oleh Teknologi Cloud Minds Perusahaan Lembah Silikon untuk mendesinfeksi, mengukur suhu, mengantarkan makanan dan obat-obatan, serta menghibur staf medis dan pasien.

Tidak hanya itu, interestingengineering.com juga telah merangkum robot-robot lain yang telah bermunculan dan diprediksi akan menguasai dunia kerja di masa depan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Robot Surena IV

robot canggihrobot surena Foto: Screenshoot YouTube IEEE Spectrum/interestingengineering.com


Para peneliti di Universitas Teheran telah membuat inovasi berbentuk robot humanoid yang disebut Surena. Pertama kali diperkenalkan satu dekade lalu, Surena awalnya bukanlah sesuatu yang terlalu istimewa dibandingkan dengan robot-robot yang kita miliki sekarang.

Namun, Surena II dan Surena III 2015 menunjukkan peningkatan dalam berjalan dan ekspansi besar dalam kemampuan. Robotis Iran memulai debutnya di Surena IV awal tahun ini dengan robot yang menunjukkan kemampuan untuk meniru pose seseorang, untuk memegang botol air, dan bahkan menulis namanya di papan tulis.

Surena IV berukuran dewasa dan gesit mampu mendeteksi wajah dan objek, serta pengenalan suara dan generasi. Ia bahkan bisa berjalan dengan kecepatan 0,43 mil per jam (0,7 kilometer per jam).

Robot Air Transforming

robot pekerja bawah airrobot pekerja bawah air Foto: Screenshoot Houston Mechatronics/interestingengineering.com

Robot aquanaut ini dibuat oleh Houston Mechatronics. Ia memiliki kemampuan unik untuk berubah saat berada di bawah air, bergerak dari kendaraan submersible otonom (AUV), menjadi robot pemeliharaan humanoid (ROV).

Dalam mode AUV-nya, ia dapat menempuh jarak hingga 124 mil (200 km) dalam satu pekerjaan, menyelesaikan tugas-tugas, seperti pemetaan dasar laut dan inspeksi area luas.

Saat dalam mode ROV, dua lengan mekanis keluar dari tubuhnya, memberikannya kemampuan untuk melakukan perbaikan pada rig minyak dan jaringan pipa di lingkungan berbahaya yang tidak mudah diakses oleh manusia.

Anjing Sony Aibo

sony aibosony aibo Foto: Screenshoot Sony/Aibo


Aibo Sony adalah anjing robot yang sangat populer sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2018. Saat ini, robot anjing ini menjadi jauh lebih pintar, berkat kecerdasan buatan.

Bahkan bisa menyesuaikan dengan perilaku pemilik dari waktu ke waktu. Tujuan akhir dari penciptaan robot ini adalah agar anjing robot berperilaku semirip mungkin dengan anjing sungguhan sehingga bisa melakukan beberapa aktivitas.

Ke depan, Algoritma AI yang memberi anjing kecerdasan akan disimpan di cloud. Hal ini memungkinkan Aibos aktif untuk belajar secara kolektif, yang berarti mereka semua dapat belajar dari satu sama lain.

Robonauts Vyomitra

robot canggihrobot canggih Foto: Screenshoot The Print/Youtube


Ada banyak negara di seluruh dunia yang sedang mengembangkan robot untuk eksplorasi ruang angkasa. Tujuannya agar robot dapat menangani lingkungan luar angkasa yang keras dan dapat digunakan untuk berbagai misi.

Robot ini di masa depan akan digunakan untuk mempelajari planet yang berpotensi layak huni dan bahkan membangun pos terdepan sebelum para manusia tiba di sana.

Robot India Vyomitra adalah contoh robot wanita yang dijadwalkan untuk melakukan eksperimen gayaberat mikro untuk membantu mempersiapkan misi berawak di masa depan. Robot serupa, seperti Robonaut 2 NASA dan Valkyrie akhirnya bisa digunakan di koloni di Bulan atau di Mars.

Honda Asimo

robot canggihrobot canggih Foto: Screenshoot interestingengineering.com


Honda Asimo dianggap sebagai salah satu robot humanoid paling canggih di dunia, meskipun baru-baru ini telah pensiun.

Berkat sistem AI-nya yang kompleks, robot dapat terus belajar dari lingkungannya.

Robot berkaki dua itu bisa menjaga dirinya tetap tegak, stabil, dan bergerak di banyak lingkungan yang berbeda. Robot ini juga dapat belajar cara berjalan dalam pengaturannya hampir secara mandiri.

Robot Sophia

peraih penghargaan PBBperaih penghargaan PBB Foto: Screenshoot interestingengineering.com


Robot ini dikenal sebagai selebriti di dunia robot. Dibuat oleh mantan Disney Imagineer David Hanson, robot ini sebagian dimodelkan agar terlihat seperti Audrey Hepburn, dan istri pencipta.

Mesin cerdas ini dibangun dengan tujuan meniru perilaku manusia dan untuk menginspirasi perasaan cinta dan kasih sayang pada manusia.

Robot itu bahkan bisa mengekspresikan emosi menggunakan wajahnya yang mirip manusia. Sejak dibuka pada tahun 2016, Sophia telah muncul di sampul majalah Elle, membuat puluhan penampilan global, dan bahkan menjadi warga negara Arab Saudi resmi.

Menariknya, Sophia pernah dinobatkan sebagai juara Inovasi pertama Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan merupakan non-manusia pertama yang diberi gelar PBB.

Robot Digit Pengantar Paket

robot canggih antar paketrobot canggih antar paket Foto: Screenshoot Ford


Pernah membayangkan ada robot mengantar paket yang kamu pesan secara online? Sepertinya hal itu bisa segera terwujud. Dalam beberapa tahun terakhir ini, Ford menjadi perusahaan pertama yang memasukkan robot Digit ke dalam pabrik mereka.

Dibuat oleh Agility Robotics, Digit adalah robot yang gesit dan 'tanpa kepala', seukuran manusia kecil. Dilengkapi dengan sensor, robot dapat menavigasi tangga, melintasi berbagai rintangan, dan bergerak melintasi berbagai medan.


Robot ini dapat membawa dan menumpuk kotak dengan berat hingga 40 pon (18 kg). Digit juga bisa mengubah cara mobil self-driving melakukan pengiriman.

Dengan robot ini bisa saja suatu hari, ada truk pengiriman datang namun bukan manusia yang mengantar melainkan robot Digit yang akan mengambil paket kamu dari bagian belakang truk dan berjalan ke depan pintu rumah.

Simak Video "Xenobot, Robot Pertama di Dunia yang Bisa Bereproduksi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia