Bacaan Surat Al Fatihah, Sang Fatihatul Kitab dalam Al Quran

Kristina - detikEdu
Kamis, 28 Okt 2021 19:30 WIB
Surat Al Alaq ayat 1-5
Foto: Getty Images/iStockphoto/artisteer/Bacaan Surat Al Fatihah, Sang Fatihatul Kitab dalam Al Quran.
Jakarta - Surat Al Fatihah adalah surat pertama dalam urutan mushaf Al Quran. Surat pembuka ini memiliki banyak keutamaan dan menjadi salah satu rukun sholat.

Dikutip dari buku Tadabur Al Quran oleh Syaikh Adil Muhammad Khalil, dinamakan Al Fatihah ( الفاتحة) karena merupakan permulaan dari Al Quran. Surat Al Fatihah memiliki tiga nama yang disepakati para ulama, antara lain Fatihatul kitab, Ummul Quran, dan As-Sab'u Al-Matsani.

Fatihatul Kitab adalah pembuka kitab yang merujuk pada Al Quran. Sedangkan nama As-Sab'u Al-Matsani untuk menyebut surat Al Fatihah disebutkan dalam Al Quran surat Al Hijr ayat 87. As-Sab'u artinya tujuh ayat dan Al-Matsari adalah dibaca berulang-ulang dalam setiap rakaat sholat. Allah SWT berfirman:

وَلَقَدْ اٰتَيْنٰكَ سَبْعًا مِّنَ الْمَثَانِيْ وَالْقُرْاٰنَ الْعَظِيْمَ - ٨٧

Artinya: "Dan sungguh, Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang-ulang dan Al-Qur'an yang agung." (QS. Al Hijr: 87)

Surat Al Fatihah termasuk dalam golongan surat yang diperselisihkan antara Makkiyah atau Madaniyah. Ibnu Abbas, Qatadah, dan Abu Al-A'liyah mengatakan bahwa Surat Al Fatihah diturunkan di Mekkah dan termasuk surat Makkiyah. Sedangkan Abu Hurairah, Mujahid, Atha' bin Abi Rabah, dan lainnya mengatakan bahwa surat Al Fatihah diturunkan di Madinah dan tergolong surat Madaniyah, berdasarkan hadits riwayat At-Thabrani.

Bacaan Surat Al Fatihah Arab, Latin, dan Terjemahannya

Surat Al Fatihah terdiri dari tujuh ayat. Berikut bacaan Arab, latin, dan terjemahannya:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ - ١

Arab-latin: bismillāhir-raḥmānir-raḥīm
Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ - ٢

Arab-latin: al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn
Artinya: "Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam."

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ - ٣

Arab-latin: ar-raḥmānir-raḥīm
Artinya: "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ - ٤

Arab-latin: māliki yaumid-dīn
Artinya: "Yang menguasai di Hari Pembalasan."

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ - ٥

Arab-latin: iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn
Artinya: "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan."

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ - ٦

Arab-latin: ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm
Artinya: "Tunjukilah kami jalan yang lurus,:

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ - ٧

Arab-latin: ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn
Artinya: "(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

Keutamaan Surat Al Fatihah

Dalam riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW mengatakan bahwa surat Al Fatihah merupakan surat paling agung dalam Al Quran. Kedudukan surat Al Fatihah sebagai surat paling agung ini juga telah disebutkan dalam surat Al Hijr ayat 87.

Surat Al Fatihah juga menjadi surat terbaik dalam Al Quran dan obat dari segala penyakit. Dikutip dari buku Meraih Makrifat dan Mukjizat Surah Al Fatihah oleh Muhammad Alcaff, Rasulullah SAW pernah mengajarkan surat Al Fatihah kepada Jabir bin Abdillah.

Rasulullah SAW berkata kepada Jabir bin Abdillah: "Wahai Jabir, maukah aku ajarkan kepadamu surah terbaik yang Allah turunkan dalam Kitab-Nya? Jabir menjawab: Mau ya Rasulullah. Demi ayah dan ibuku, ajarkan surah tersebut padaku! Lalu Rasul SAW mengajarkan surah al Fatihah kepada Jabir."

Kemudian Rasul SAW melanjutkan sabdanya: "Wahai Jabir, maukah aku beritahukan kepadamu tentang surah al Fatihah? Jabir menjawab: Mau ya Rasulullah. Demi ayah dan ibuku, beritahukan kepadaku tentang surat tersebut! Rasul SAW bersabda: Ia (surat al Fatihah) adalah obat segala penyakit kecuali kematian."

Selain itu, surat Al Fatihah juga menjadi bacaan ruqyah, sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia