New York hingga New Zealand, Kenapa Berawalan New?

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 28 Okt 2021 11:51 WIB
An aerial view shows the giant ephemeral landart painting entitled
Foto: AP/Valentin Flauraud/New York hingga New Zealand, Kenapa Berawalan New?
Jakarta - Nama wilayah berawalan 'new' bisa kita temukan di banyak wilayah di seluruh dunia. Misalnya saja New York, New Jersey, New Mexico, dan sebagainya.

Apakah detikers pernah terpikir, mengapa wilayah-wilayah itu memiliki 'new' di kata pertamanya? Jika ada 'new', maka apakah juga ada 'old'?

Dalam ensiklopedi ThoughtCo.disebutkan rupanya tempat-tempat yang ditemukan belakangan, seringkali dinamai menggunakan lokasi geografis Eropa hanya dengan menambahkan 'new' dari nama aslinya.

Hal itu menyusul ditemukannya wilayah Amerika dan para penjelajah perlu mengisi peta-peta kosong. Di samping itu, penggunaan 'new' kemungkinan disebabkan untuk mengenang kerinduan atas kampung halaman, alasan politik, atau kesamaan fisik.

Namun, kawasan-kawasan baru itu sering lebih terkenal dari yang asli dan sebagian dari mereka juga ada yang sudah hilang dari sejarah.

'New' pada Wilayah Geografis Amerika

Sejumlah kawasan baru di Amerika Serikat mempunyai cerita yang menarik. Mereka adalah New York, New Jersey, New Hampshire, dan New Mexico.

Kota York di Inggris adalah bapak dari versi barunya. Sebelum menjadi koloni Inggris di Amerika Utara, New York adalah ibu kota koloni yang sebelumnya dikenal sebagai New Netherland. Ibu kotanya di New Amsterdam yang sekarang Manhattan.

Kemudian, sebuah wilayah kecil Hampshire di selatan Inggris memberikan namanya pada New Hampshire di New England. Dan wilayah Jersey di Kepulauan Channel di Samudra Atlantik adalah versi asli dari New Jersey.

Sementara New Mexico dinamai demikian karena hubungan sejarah antara AS dan Meksiko.


Asal Muasal New Zealand

Zealand adalah pulau terbesar di Denmark di mana ibu kota mereka Kopenhagen berada. Meski begitu, Selandia Baru dinamai oleh Belanda sesuai dengan nama provinsi mereka, Zeeland.

Demikian halnya dengan New Holland yang merupakan nama untuk Benua Australia selama hampir dua abad. Nama tersebut diusulkan oleh pelaut Belanda Abel Tasman di tahun 1644. Sekarang Holland adalah bagian dari Belanda.

Ada juga permukiman New Australia di Paraguay yang didirikan kaum sosialis Australia pada akhir abad 19.

Itulah sejarahnya kenapa banyak tempat di dunia memiliki awalan 'new' seperti New York. Menarik bukan, detikers?

Simak Video "Miliarder New York Terbukti Bersalah Bunuh Teman Sendiri 20 Tahun Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia