Komunikasi Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Olivia Sabat - detikEdu
Minggu, 24 Okt 2021 10:45 WIB
Ilustrasi wanita menggunakan laptop dan ponsel
Foto: Getty Images/iStockphoto/Geber86
Jakarta - Komunikasi dan bisnis merupakan dua aktivitas yang tidak dapat dipisahkan. Mengapa demikian? Temukan jawabannya dalam pembahasan di bawah ini.

Mengutip buku Komunikasi Bisnis Pendekatan Praktis yang ditulis oleh Sovia Rosalin, dkk., komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan.

Sementara itu, dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau pihak bisnis lainnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan pengertian komunikasi bisnis adalah komunikasi dalam dunia bisnis yang memiliki peran penting untuk menyampaikan pesan kepada seluruh pemangku kepentingan, baik secara verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.

Manfaat Komunikasi Bisnis

Mengutip buku Komunikasi Bisnis yang ditulis oleh Rolyana Ferinia, dkk., arus komunikasi dalam sebuah bisnis terjadi sejalan dengan alur struktur organisasi. Komunikasi bisnis dapat berjalan ke atas atau ke bawah mengikuti jalur yang disebut sebagai rantai komando.

Dengan demikian, komunikasi bisnis diharapkan bisa berjalan secara efektif. Untuk mewujudkan komunikasi yang efektif, diperlukan kemampuan pengirim pesan dalam membuat pesan bisnis.

Komunikasi bisnis yang efektif menjadi kekuatan perusahaan dalam membangun hubungan dengan para pemangku kepentingan. Komunikasi bisnis yang efektif juga secara tidak langsung membawa manfaat besar dalam bisnis.

1. Keputusan dapat diambil sesuai target.

2. Menyelesaikan masalah dengan cepat.

3. Mendeteksi cepat hal-hal yang berpotensi salah.

4. Meningkatkan produktivitas kerja.

5. Memperkuat hubungan bisnis.

6. Memudahkan persuasi pesan pemasaran.

7. Memperbaiki citra perusahaan dan karyawan.

8. Membangun loyalitas dan kepuasan kerja karyawan.

9. Meningkatkan kepercayaan investor.

Contoh Komunikasi Bisnis

Berikut ini adalah contoh penerapan komunikasi bisnis Easco Holding Company yang dikutip dari buku Komunikasi Bisnis Pendekatan Praktis yang ditulis oleh Sovia Rosalin, dkk.

Seorang direktur sebuah perusahaan Easco Holding Company Jakarta dengan anak perusahaan yang bergerak dalam pembuatan peta satelit dan pelayanan teknologi disebut sebagai komunikator perusahaan. Komunikator bertugas menyusun strategi perencanaan pesan pemasaran produk hingga pesan sampai kepada mitra kerja atau calon konsumen.

Dalam melakukan sebuah prospek, penyampaian pesan bisnis dimulai secara verbal baik tertulis maupun lisan. Misalnya, sekretaris membuat undangan rapat dengan pemegang saham dan investor secara tertulis, baik secara surat elektronik (surel) maupun melalui telepon langsung.

Kemudian, sekretaris menyiapkan company profile, aspek legalitas perusahaan, dan proposal penawaran kerja. Setelah penawaran masuk dan mendapat respon melalui surat balasan (good news), direksi turun ke lapangan untuk melobi proyek baru ke pejabat pemerintah daerah terkait.

Selain itu, direksi juga menegosiasikan harga produk yang ditawarkan, melakukan presentasi bisnis melalui teleconference, maupun tatap muka hingga terealisasi kerja sama dengan menandatangani surat nota kesepahaman bersama dan perjanjian kerja sama.

Itulah beberapa penjelasan mengenai komunikasi bisnis. Semoga bisa menambah pengetahuan mahasiswa ya.



Simak Video "Ingat! Franchises Kuliner Bukan Bisnis Autopilot"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia