Apa Benar Hiu Takut dengan Lumba-Lumba? Ini Penjelasannya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 23 Okt 2021 17:01 WIB
Ilustrasi ikan hiu
Foto: Getty Images/iStockphoto/lindsay_imagery
Jakarta - Pernah dengar kalau hiu takut dengan lumba-lumba? Ternyata ada alasannya lho mengapa kedua hewan laut tersebut sering dikatakan kurang 'akur'. Ketika bertemu di perairan, hiu lebih memilih menghindar terlebih dahulu.

Baik hiu maupun lumba-lumba sebenarnya adalah kategori hewan pemangsa atau predator yang hidup di lautan luas. Namun, nyatanya lumba-lumba dianggap lebih ramah karena bisa dekat dengan manusia. Sedangkan hiu sering digambarkan seram karena bisa menyerang manusia.

Meski dikatakan lebih seram, tapi apakah benar hiu takut dengan lumba-lumba? Berikut ini penjelasannya dikutip dari seaworld.com.


10 Alasan yang Menjelaskan Hiu Takut Lumba-Lumba:


1. Tubuh fleksibel dan gesit

Secara fisik, lumba-lumba memiliki tubuh luar atau kulit yang cenderung lebih lembut dibanding hiu. Selain itu, sendi rangka lumba-lumba juga fleksibel.

Dengan kondisi tubuh yang seperti itu, lumba-lumba lebih gesit untuk bermanuver dengan cepat dalam pertarungan, termasuk saat bertemu hiu.


2. Memiliki sirip ekor sangat kuat

Salah satu jenis lumba-lumba Orca memiliki sirip ekor yang sangat kuat. Saking kuatnya, Orca biasanya menggunakan sirip ekor mereka yang sangat kuat untuk membalikkan punggung hiu.

Ketika hal itu terjadi, maka hiu sudah tidak bisa bergerak. Setelah itu, hiu akan jadi dimangsa Orca dengan mudah.


3. Memiliki ekor horizontal

Hiu memiliki bidang ekor vertikal yang bisa mobilitas ke atas dan ke bawah saat berada di perairan. Sementara lumba-lumba memiliki ekor dengan bidang horizontal yang memungkinkan kelincahan dan perubahan arah untuk serangan cepat.

4. Moncong tumpul yang kuat

Meski hiu memiliki moncong dan gigi taring namun nyatanya moncong lumba-lumba lebih ditakuti karena kuat dan berbahaya.

Moncong lumba-lumba terbuat dari tulang yang sangat kuat dan tebal. Ketika terdapat gangguan dari hiu, lumba-lumba akan memposisikan diri beberapa meter di bawah hiu lalu meluncur ke atas dengan menusukkan moncongnya ke perut hiu.


5. Memiliki kawanan

Hiu adalah predator soliter, sedangkan lumba-lumba merupakan hewan yang memiliki kawanan atau disebut dengan pod/polong. Setiap kali anggota kelompok berada dalam bahaya dari hiu, anggota kelompok lainnya bergerak dengan cepat untuk membela teman mereka.



Simak Video "Begini Evakuasi Lumba-lumba Hidung Botol yang Terdampar di Pantai Kupa"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia