5 Keutamaan Surat Al Kahfi, Baca Ini Tiap Hari Jumat Yuk!

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 22 Okt 2021 20:30 WIB
Sehari di Masjid An Nahl

Sejumlah umat muslim memadati masjid An Nahl yang terletak di BSD, Tanggerang, Banten, Kemarin. Masjid ini melaksanakan ibadah itikaf selama 30 hari selama bulan ramadan dengan cuma-cuma. Grandyos Zafna/detikcom

Breaking news :

Bagi anda yang mau itikaf selama 30 Hari di bulan Ramadhan silahkan bisa langsung merapat ke Masjid Annahl The Icon BSD City. 
Semua tersedia secara Gratis dan Terbuka untuk Umum.

Keunggulan Masjid Annahl :
- Free 100%
- Gratis takjil saat berbuka puasa (kurma, snack, dll)
- Gratis makan malam dan sahur
- Gratis Teh Pucuk 
- Gratis milo, capucino, kopi hitam tinggal tekan tombol otomatis keluar sendiri
- Gratis Laundry selama itikaf
- Bimbingan belajar Alquran 24 Jam Setiap Hari selama Ramadhan (Klinik Quran)
- Setoran Hafalan atau Murojaah ke Hafizh 30 Juz
- Dauroh Alquran Sabtu dan Minggu (Aqua)
- Kajian Tafsir Ayat-ayat malam Ramdhan setiap Sabtu-minggu (bada ashar)
- Sholat Tahajjud 1 Juz/malam
- Tempat AC, bersih dan nyaman
- Free Wifi 24 Jam
- Sholat Tarawih & Tahajjud bersama Imam-imam Juara Internasional  dan Hafizh muda dengan suara merdu (Ust. Faisol Ilahi, Ust. Taqy Malik, Ust. Ibrohim Elhaq, KH. Agus Said dan H. Ayatullah).


Segara daftar di www.annahlbsdcity.com atau bisa langsung ke lokasi. Masjid An Nahl The Icon BSD City.

Bagi yang berinfak bisa langsung ke kotak infak yang tersedia atau transfer melalui rekening yang di website Annahl.

The Icon Bsd City, Ruko Horizon Broadway M5 No. 3, Jl. Horizon Broadway, Sampora,  Cisauk, Sampora, Cisauk, Tangerang, Banten 15345
085694960750
Foto: Grandyos Zafna/5 Keutamaan Surat Al Kahfi, Baca Ini Tiap Hari Jumat Yuk!
Jakarta - Keutamaan surat Al Kahfi dapat semakin dimaksimalkan apabila dibaca pada hari Jumat. Pasalnya, membaca surat Al Kahfi merupakan salah satu sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW tiap hari Jumat.

Melansir dari buku Majmu Syarif karya Tim Penyusun Spasi Media, rentang waktu yang disunnahkan yakni dimulai dari tenggelamnya matahari pada hari Kamis, hingga sesaat menjelang matahari tenggelam di hari Jumat.

Adapun keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat dapat disimak dari tulisan yang dilansir dari buku Keutamaan Al-Qur'an Dalam Perspektif Hadits karya Ahsantudhonni Ahsantudhonni berikut ini. Apa saja?

5 Keutamaan Baca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

1. Allah akan membentangkan cahaya bagi yang membaca

Rasulullah SAW bersabda seseorang yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan diberkahi cahaya antara dirinyadan Ka'bah. Dari Ad Darimi, Rasulullah bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum'at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah." (Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami' no. 6471)

2. Terhindar fitnah dajjal

Keutamaan surat Al Kahfi selanjutnya terletak pada sepuluh ayat terakhir. Hadits Rasulullah menyebutkan seseorang yang membaca sepuluh ayat terakhir surat Al Kahfi akan terhindar dari fitnah dajjal. Berikut bunyi haidts dari Abu Darda' RA,

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Ibnu Hibban).

3. Diampuni dosa antara dua Jumat

Membaca surat Al Kahfi juga dijanjikan ampunan dosa di antara dua Jumat bagi seseorang. Abdullah bin Umar RA berkata, Nabi SAW bersabda,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

4. Pengingat hari kiamat

Keutamaan surat Al-Kahfi juga jadi pengingat kita terhadap hari kiamat. Hal ini tertulis dalam surat Al-Kahfi ayat 47 yang berbunyi,

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka."

5. Terhindar dari gangguan setan

Menurut anjuran Rasulullah SAW, salah satu cara melindungi diri dari godaan setan adalah dengan membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau di hari Jumat. Dari Abdullah bin Mughaffal, Rasulullah bersabda,

"Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk." (HR Ibnu Mardawaih).

Keutamaan surat Al Kahfi menjadi bukti bahwa dengan merutinkan bacaan di hari Jumat juga membawa banyak keberkahan bagi pembaca. Jadi, jangan lupa baca surat Al Kahfi ya!

Simak Video "Catat! Ini Amalan Sunnah di Tahun Baru Islam"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia