6 Cara Atasi Rasa Bosan saat Belajar ala Jerome Polin

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 21 Okt 2021 17:30 WIB
jerome polin
Foto: Instagram @jeromepolin
Jakarta - Situasi pandemi dalam waktu yang lama membuat siswa diharuskan belajar dengan sistem online Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tak heran jika saat sekolah tatap muka dimulai banyak siswa yang belum maksimal belajar dan cenderung mudah bosan.


Padahal belajar merupakan kebutuhan dan kewajiban bagi setiap orang apalagi bagi siswa yang sedang sekolah. Oleh karena itu, perlu membangun kebiasaan belajar yang cocok bagi pribadi masing-masing agar tidak mudah bosan.


Nah, baru-baru ini peraih beasiswa kuliah di Jepang sekaligus Youtuber terkenal Jerome Polin membagikan cara belajar agar tidak mudah bosan.


Dikutip dari laman instagram resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), berikut ini 6 cara mengatasi rasa bosan saat belajar ala Jerome Polin.


6 Tips Atasi Rasa Bosan Belajar:


1. Belajar dengan Metode 50:10


Penjelasan metode ini adalah dalam waktu satu jam gunakan 50 menit untuk belajar dan berhenti 10 menit untuk beristirahat sejenak.


Metode ini patut dicoba karena, belajar dalam jangka waktu lama tidak akan terserap dengan baik oleh otak.


2. Buat Target Belajar


Buat target belajar mulai dari berapa banyak soal yang akan kamu selesaikan maupun se berapa jauh materi yang harus kamu pelajari.


3. Reward dan Punishment


Jika target belajar yang sudah kamu rencanakan selesai, kamu bisa memberikan hadiah untuk diri sendiri. Sedangkan sebaliknya, jika kamu tak berhasil mencapai target belajar, cobalah memberi hukuman kecil pada diri sendiri. Hal ini akan membantu kamu belajar disiplin.


4. Jangan Hanya Belajar dari Satu Sumber


Belajar sendiri bukan berarti kamu belajar dengan semua kemampuan yang kamu miliki.Pada batasan tertentu kamu akan membutuhkan bantuan.


Kamu dapat mencoba belajar menggunakan handphone, laptop atau lainnya untuk mencari banyak sumber serta referensi. Selain itu, kamu juga perlu banyak membaca buku agar wawasan semakin luas.


5. Cari Suasana Baru


Kamu bisa cari tempat yang kamu sukai yang dapat kamu jadikan tempat belajar, selain kamar atau area rumahmu. Hal ini dilakukan supaya kamu dapat suasana belajar baru dan tidak cepat bosan.


6. Berdoa Sebelum Belajar


Bagi Jerome, salah satu hal penting yang berpengaruh saat belajar adalah berdoa. Karena dengan berdoa kita akan diberi jalan untuk mempelajari segala pengetahuan yang ada di dunia berkat izin-Nya. Selain itu, kita juga akan lebih mudah untuk mengingat-Nya.


Nah, itulah 6 cara mengatasi rasa bosan saat belajar ala Jerome Polin. Selamat mencoba detikers!

Simak Video "Kemenkes Sebut Klaster Sekolah Banyak Terjadi pada Siswa SMP dan SMA"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia