Apa Benar Facebook akan Berganti Nama? Ini Kata Mark Zuckerberg

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 21 Okt 2021 15:04 WIB
Facebook, Whatsapp and Instagram logos are displayed in this illustration taken October 4, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration
Foto: REUTERS/DADO RUVIC
Jakarta - Media sosial Facebook sedang ramai diberitakan karena akan berganti nama setelah 17 tahun. Perubahan nama tersebut dilakukan guna mendukung visi perusahaan membentuk ruang digital metaverse.


Metaverse merupakan lingkungan dan ekosistem virtual bersama yang bisa diakses oleh pengguna secara daring. Dengan kata lain Facebook akan memperlihatkan dirinya sebagai perusahaan induk yang membawahi perusahaan lain.


Dikutip dari pemberitaan The Verge, Kamis (21/10/2021), CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perubahan nama Facebook rencananya akan diumumkan pada 28 Oktober mendatang saat konferensi tahunan Connect.


Namun, menurut Zuckerberg, bisa saja perubahan nama Facebook bisa lebih cepat dari yang diduga sebelumnya.


Membangun citra baru


Disebutkan bahwa rencana perubahan nama Facebook ini bertujuan untuk membangun citra baru Facebook sebagai sebuah perusahaan.


Dengan kata lain, citra baru akan memposisikan Facebook tak sekadar aplikasi media sosial tapi juga sebagai salah satu perusahaan induk yang membawahi Instagram, WhatsApp, Oculus, dan lainnya.


Belum lama ini, Facebook juga membuka lowongan pekerjaan sebanyak 10.000 orang untuk menjalankan produk hardware konsumer, seperti kacamata AR yang diyakini Zuckerberg akan sepopuler penggunaannya layaknya smartphone saat ini.


"Kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse," ujar Zuckerberg.


Nama baru Facebook


Meski pihak Facebook belum membocorkan nama pengganti yang akan dipakai, namun The Verge memiliki dugaan tentang nama baru Facebook berkaitan dengan Horizon.


Alasannya karena Facebook belum lama ini mengganti nama platform game VR mereka yang bernama "Horizon" menjadi "Horizon Worlds".


Sementara itu, terkait pergantian nama, Facebook bukanlah satu-satunya perusahaan besar yang melakukan hal itu.


Pada 2015, Google mengubah nama perusahaan induk menjadi Alphabet Inc. Tujuannya untuk memberi citra bahwa perusahaan Google bukan lagi hanya sekedar mesin pencari, tetapi juga bergerak di bidang lain.


Selanjutnya ada Snapchat yang pada 2016 berganti nama menjadi Snap Inc dengan tujuan memberi citra baru sebagai perusahaan induk yang membawahi perusahaan lainnya.


Nah, kalau menurut detikers apa nama yang cocok untuk pengganti Facebook ya?

Simak Video "Facebook Cs Anjlok, Mark Zuckerberg Rugi Hampir Rp 100 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia