Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunnah, Hafalkan Yuk!

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 20 Okt 2021 07:00 WIB
Woman in protective mask driving a car on road. Safe traveling.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasha_Suzi/Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunnah, Hafalkan Yuk!
Jakarta - Doa naik kendaraan sesuai sunnah dapat diamalkan saat kita hendak berpergian menggunakan kendaraan laut, darat, maupun transportasi udara. Doa tersebut dibaca dengan harapan mendapat perlindungan dari Allah SWT selama perjalanan hingga selamat sampai tujuan.

Beberapa doa naik kendaraan telah dicontohkan oleh para nabi. Salah satunya ada doa yang dipanjatkan oleh Nabi Nuh saat mengendarai kapalnya sebagaimana dikisahkan dalam surat Hud ayat 41,

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Dan dia berkata, "Naiklah kamu semua ke dalamnya (kapal) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Berdasarkan ayat di atas, doa tersebut dapat dilafalkan saat hendak menaiki kendaraan laut. Berikut ini detikEdu merangkum kumpulan doa naik kendaraan yang dapat diamalkan saat hendak naik kendaraan laut, kendaraan darat, atau pun kendaraan udara seperti pesawat.

Kumpulan Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunah dan Artinya

1. Doa Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bacaan latin: Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (HR Imam Nawawi).

2. Doa Naik Kendaraan Darat

بِاسْمِ اللَّهِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ
{ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ } { وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ }
(3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ
(3x) اللَّهُ أَكْبَرُ
سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Bacaan latin: Bismillah
Alhamdulillah
(Subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun),
Alhamdulillah (3x),
Allaahu akbar (3x),
Subhanaka inni zhalamtu nafsi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illaa anta

Artinya: "Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

3. Doa Naik Transportasi Udara (Pesawat)

للهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Bacaan latin: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas'aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal 'amal maa tardho, allahumma hawwin 'alaina safarona hadza wa athwi 'annaa bu'dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a'udzubika min wa'tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi.

Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga,"

Setelah sampai di tempat tujuan, umat muslim juga bisa melafalkan doa berikut ini,

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ

Bacaan latin: Alhamdulillahil-ladzii salamanii wal-ladzii aawanii wal-ladzii jama'as-syamlabii

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dan telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku,"

Atau membaca doa,

آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبِّنَا حَامِدُونَ

Bacaan latin: Aayibuuna taaibuuna 'aaiduuna lirabbina haamiduuna

Artinya: "Kami tiba, kami bertobat, kami menyembah, dan hanya kepada Rabbi-lah kami memuji," (HR At Tirmidzi No. 3362).

Selain berdoa, sunnah dalam perjalanan juga dapat dilakukan dengan berdzikir untuk mengingat Allah. Selain menambah pahala hal itu untuk melindungi kita dari godaan setan.

Hal ini dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar. Saat itu, pasukan muslim harus melalui medan yang tinggi dan Rasulullah mengajak mereka untuk berdzikir. Berikut haditsnya,

Artinya: "Adalah Rasulullah SAW dan pasukannya apabila naik ke tempat tinggi mereka bertakbir. Jika turun mereka bertasbih." (HR Abu Daud).

Jangan lupa baca amalkan doa naik kendaraan sesuai sunah di atas ya, detikers! Lebih baik lagi kalau kamu bisa menghafal doa-doa di atas.

Simak Video "Doa Keluar Rumah dan Naik Kendaraan Agar dalam Lindungan Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia