Apa Bahasa Resmi Negara Thailand? Simak di Sini Penjelasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 14:46 WIB
BANGKOK, THAILAND - MARCH 11:  Empty tuk tuks parked outside The Grand Royal Palace, one of Thailands most popular tourist attractions, on March 11, 2020 in Bangkok, Thailand. According to the Tourism Authority of Thailand, February saw a 44.3% drop in the number of tourist arrivals compared to last year due to the recent spread of Covid-19, a new strain of coronavirus originating in Wuhan, China. Chinese tourists make up the majority of tourism spending in Thailand, which accounts for 11% of the countrys GDP. This February Chinese tourism numbers were down by 85.3% due to travel restrictions.  (Photo by Lauren DeCicca/Getty Images)
Apa bahasa resmi negara Thailand? Foto: Getty Images/Lauren DeCicca
Jakarta -

Bahasa resmi negara Thailand adalah bahasa Thai. Bahasa Thai merupakan bahasa nasional dan bahasa resmi negara Thailand. Selain itu, bahasa Inggris juga diajarkan luas di Thailand.

Bahasa Thai digunakan karena hampir ¾ penduduk Thailand didominasi oleh suku Thai. Selain itu, terdapat suku Tionghoa yang secara sejarah memegang peranan besar dalam bidang ekonomi. Selain itu, suku lainnya yaitu Melayu.

Hampir 95% penduduk Thailand beragama Budha. Sekitar 4% memeluk agama Islam (terutama Suku Melayu) dan Kristen.

Di Thailand terdapat kuil yang paling besar Wat Phra Kaew (Kuil Budha Zamrud) yang terletak dalam batas Istana Agung di Bangkok.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai negara Thailand yang dikutip dari buku berjudul Mengenal Asean dan Negara Negaranya karya Tri Prasetyono:

Bentuk Pemerintahan

Sebelum menjadi Thailand, dulunya negara ini dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei 1949. Thailand merupakan negara yang berbentuk kerajaan.

Badan legislatif Thailand yaitu Dewan Nasional yang dipilih melalui pemilu rakyat dan memiliki masa jabatan selama 4 tahun.

Thailand memiliki lagu kebangsaan Phleng Chat dan mata uang dari negara Thailand adalah Bhat. Bahasa resmi negara Thailand adalah bahasa Thai

Pariwisata

Thailand memiliki beberapa jenis wisata yang menarik. Thailand memiliki 400 kuil Budha yang megah. Kuil-kuil tersebut yaitu Kuil Budha Zamrud (kuil tertua), pasar terapung (Bangkok), Pantai Pataya dan Wat Mahathat yang merupakan candi terbesar di Thailand sebelah utara.

Perekonomian

Thailand merupakan negara pertanian yang menghasilkan padi terbesar di Asia Tenggara. Oleh karena itu Thailand disebut sebagai lumbung padi di Asia Tenggara.

Selain itu Thailand juga memiliki hasil pertanian lainnya seperti tebu, ubi kayu, jagung, kelapa, karet dan tembakau.

Penduduk Thailand juga memelihara kerbau dan sapi sebagai hewan ternak.

Lambang Nasional Thailand

Melansir dari buku Peradaban Thailand karya Muslim Busrowi, selain bendera Thailand, negara ini juga memiliki lambang nasional yaitu garuda. Sosok garuda dipercaya sebagai hewan yang mewakili mitologi Budha dan Hindu. Garuda berarti melambangkan kekuasaan dan keluarga kerajaan.

Garuda dilukiskan sebagai Krut Pha yang berarti garuda sebagai kendaraan Wisnu. Di kepalanya terdapat mahkota, yaitu Mahkota Kejayaan Besar Thailand, lambang dari kebesaran raja.

Di bawah mahkota terdapat lambang Chakri yaitu keluarga raja. Di sisi mahkota lain terdapat lambang tujuh payung bertingkat.

Di kedua sisi garuda terdapat lambang pedang dan tongkat kerajaan. Di latar belakangnya terdapat jubah kebesaran Raja (jubah Chulachomklao). Juga terdapat dua sosok mitologi, yaitu Rajasiha (Singa Kerajaan) dan Gajasiha (Singa Gajah).

Lambang nasional Thailand mengalami beberapa kali perubahan sebelumnya. Lambang tersebut pertama kali didesain oleh Raja Chulalong pada tahun 1873.

Jadi bahasa resmi negara Thailand adalah bahasa Thai ya detikers! Sudah mengunjungi Thailand belum?



Simak Video "Kesibukan di Bandara Thailand Usai Dibuka untuk Turis Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia