Doa Anti Galau, Malas, Terlilit Utang Seperti Dijelaskan Ustaz Adi Hidayat

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 15 Okt 2021 18:03 WIB
Ustaz Adi Hidayat (UAH)
Foto: YouTube Ustaz Adi Hidayat/Doa Anti Galau, Malas, Terlilit Utang Seperti Dijelaskan Ustaz Adi Hidayat.
Jakarta - Bacaan doa saat sedang galau, malas, dan terlilit utang bisa dibaca tiap muslim saat membutuhkan pertolongan Allah SWT. Bunyi doa ini dibagikan Ustaz Adi Hidayat melalui siaran YouTube channel Adi Hidayat Official.

Doa anti galau, malas, terlilit utang dalam Arab dan latin

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Bacaan latin: Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa 'audzubika minal 'ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min gholabatid daini wa qahrir rijaal

Artinya: "Ya Allah hamba bermohon kepadaMu agar memberikan perlindungan kepada hamba, hamba berlindung kepadaMu ya Allah dari kegalauan pun dari kesedihan. Hamba berlindung kepadaMu ya Allah dari kelemahan dan dari sifat malas. Hamba berlindung kepadaMu ya Allah dari sifat bakhil atau pun rasa pengecut yang tidak memiliki keberanian untuk mengerjakan sesuatu. Hamba berlindung kepadaMu ya Allah dari lingkaran penguasaan hutang piutang atau pun penguasaan orang-orang tertentu yang menghambat hamba untuk beraktivitas dengan baik."

Dalam siaran berjudul Doa Anti Galau & Pengentas Hutang Piutang tersebut ustaz menjelaskan, doa ini menjadi benteng bagi manusia. Doa akan melindungi manusia dari berbagai kondisi yang sedang atau akan dihadapi.

Karena itu, Ustaz Adi Hidayat menyarankan tiap muslim rutin membaca doa ini. Harapannya adalah agar Allah SWT menghilangkan atau meringankan beban yang dirasakan dalam hati dan pikiran. Hasilnya manusia bisa selalu ikhlas dan optimis dalam semua kondisi.

Manusia kerap kali menemukan hambatan rintangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, keinginan manusia juga tak selalu terwujud. Kondisi inilah yang akhirnya menimbulkan rasa galau, sedih, hingga mematahkan semangat seorang muslim.

Situasi lain yang mungkin tidak bisa terhindarkan bagi beberapa orang adalah lilitan hutang piutang. Hal ini juga terkadang menempatkan sebagian orang dalam situasi yang sulit bahkan putus harapan.

"Ragam situasi ini menariknya telah diisyaratkan oleh Nabi SAW dan diberikan tuntunan doa terbaik untuk mendekat kepada Allah SWT," ujar Ustaz Adi Hidayat dalam siaran tersebut.

Allah SWT dalam firmanNya juga mengingatkan manusia untuk selalu berdoa. Dalam Al Quran surat Al Mu'min ayat 60, Allah SWT menyatakan pentingnya berdoa dan risiko bagi mereka yang lalai,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Bacaan latin: Wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."

Jadi, jangan lupa amalkan bacaan doa anti galau, malas, dan terlilit utang ya, Sahabat Hikmah!

Simak Video "Persiapan Ustaz Adi Hidayat Laporkan Pihak yang Fitnah Dirinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia