10 Kawasan Terkeren di Dunia 2021 Versi Time Out, Mahasiswa Tertarik Kuliah di Sana?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 14 Okt 2021 13:30 WIB
June 10, 2017 - Copenhagen, Denmark: People on Stefansgade in Norrebro district enjoying a summer day
Foto: istockphoto/olli0815/10 Kawasan Terkeren di Dunia 2021 Versi Time Out, Mahasiswa Tertarik Kuliah di Sana?
Jakarta - Situs gaya hidup Time Out kembali merilis penghargaan bergengsi kawasan terkeren di dunia tahun 2021. Kawasan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda di setiap kota berbagai negara seperti kawasan pemukiman hingga bisnis.

Daftar penghargaan kawasan terkeren di dunia tahun ini disusun berdasarkan hasil survei tahunan Time Out terhadap 27 ribu responden. Pada situasi pandemi, tema yang diangkat untuk menentukan peringkat adalah semangat komunitas.

Dari hasil survei, Indonesia tidak memiliki perwakilan dalam daftar. Padahal tahun lalu, kawasan Banjar Nagi di Ubud Bali sempat masuk peringkat.

"Pandemi membuat banyak kota terpukul, termasuk kawasan bisnis lokalnya. Namun, di tengah pandemi, juga bermunculan semangat saling mendukung, yang menciptakan kerukunan baru," kata Caroline McGinn, pemimpin redaksi global Time Out kepada CNN Travel.

Nah, bagi mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri tentu kota dengan kawasan terkeren dan lingkungan yang nyaman bisa menjadi pilihan yang menarik. Apalagi jika di sana terdapat kampus yang diinginkan.

Lantas kota mana saja yang memiliki kawasan terkeren?

Peringkat 5 besar

Posisi kelima kawasan terkeren di dunia ada kawasan Station District of Vilnius. Kawasan ini kental akan seni dan dijejali banyak bar murah di Lithuania.

Kemudian, di posisi keempat ditempati oleh kawasan Leith yakni sebuah bekas kawasan industri di Edinburgh, Skotlandia, yang memiliki banyak ruang kreatif termasuk restoran top.

Selanjutnya, pada peringkat ketiga datang dari negeri ginseng yang diwakili kawasan Jongno 3-ga. Lokasi tersebut ternyata sebuah tempat bersejarah di Seoul, Korea Selatan.

Untuk peringkat kedua menjadi milik Andersonville di Chicago, yang dikenal dengan ruang hijau nan indah. Terakhir, peringkat pertama yang menduduki kawasan terkeren di dunia adalah kawasan pemukiman dan pertokoan kecil di Copenhagen, Denmark.

Adapun, berikut alasan mengapa Nørrebro menjadi kawasan terkeren di dunia tahun 2021 versi Time Out adalah:

Menjalin kekompakan warga

Kawasan Nørrebro terpilih menjadi kawasan terkeren di dunia bukan hanya karena banyaknya bisnis lokal di sana. Tetapi yang patut diperhatikan adalah inisiatif warganya yang menjalin kekompakan untuk menjaga lingkungan dan bangkit di tengah pandemi.

Misalnya saja, pada setiap Minggu, jalanan di Nørrebro akan terbebas dari kendaraan bermotor. Kemudian ruas jalannya akan digunakan untuk pasar kaget hingga pameran seni.

Terpilihnya Nørrebro sebagai kawasan paling keren sedunia tahun ini semakin menambah bangga Copenhagen, yang juga bulan ini menduduki peringkat teratas dalam daftar kota teraman di dunia versi Safe Cities Index (SCI) dari Economist Intelligence Unit.

Selain itu, beberapa waktu yang lalu, restoran Noma dinobatkan sebagai restoran terbaik sedunia oleh ajang yang disebut "Piala Oscar di bidang kuliner".

"Lingkungan kota sangatlah dinamis, dapat berubah dengan cepat. Melihat banyaknya inisiatif baik yang muncul di sana selama pandemi sangatlah menyenangkan," ungkap Caroline.

Kebersamaan yang kuat dan mendalam

Selain kompak, kawasan Nørrebro juga dianggap memiliki rasa kebersamaan yang kuat antar sesama warganya.

Salah satu pemilik kedai kopi dan toko roti di Nørrebro, Thomas Spelling mengatakan bahwa kawasannya diuntungkan oleh rasa kebersamaan yang kuat.

"Saya pikir itu bagian dari daya tarik tentang Nørrebro, kawasan yang sebenarnya merupakan pemukiman dan pertokoan kecil," katanya kepada CNN Travel.


Senada dengan hal itu, pemilik The Barking Dog Bar di Nørrebro juga mengatakan rasa kebersamaan bahkan terjalin antara penduduk dan pemilik bisnis.


"Nørrebro penuh dengan keragaman dan kreatifitas. Ada rasa kebersamaan yang mendalam di antara penduduk dan pemilik bisnis yang menunjukkan evolusi konstan lingkungan secara keseluruhan," tuturnya.


Daftar 10 kawasan terkeren di dunia 2021 versi Time Out:


  • 1. Nørrebro, Copenhagen, Denmark
  • 2. Andersonville, Chicago, Amerika Serikat
  • 3. Jongno 3-ga, Seoul, Korea Selatan
  • 4. Leith, Edinburgh, Skotlandia
  • 5. Station District, Vilnius, Lithuania
  • 6. Chelsea, New York, Amerika Serikat
  • 7. District XI, Budapest, Hungaria
  • 8. Ngor, Dakar, Senegal
  • 9. Sai Kung, Hong Kong
  • 10. Richmond, Melbourne, Australia


Itulah 10 kawasan terkeren di dunia tahun 2021 versi Time Out. Kalau detikers, tertarik kuliah di salah satu kawasannya?

Simak Video "Kepala Stasiun Jakarta Kota Kenang Masa Kelam Penertiban KRL"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia