Daftar HP Xiaomi yang Harganya Bakal Naik, Cek Dulu Sebelum Dibeli Siswa

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 14 Okt 2021 13:15 WIB
Redmi 9A
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Perusahaan Xiaomi mengumumkan bahwa mereka menaikkan harga sejumlah perangkatnya. Tak hanya ponsel, kenaikan harga ini juga berlaku untuk smartTV.

Kenaikan harga tersebut disebutkan lantaran kelangkaan chipset yang kini dialami industri teknologi. Melansir dari detikfinance, Direktur Riset di firma riset pasar Forrester Research, Glenn O'Donnell mengatakan bahwa kendala pasokan chip ini membuat produsen perlu menyerap dengan harga lebih tinggi. Sehingga, hal ini akan diteruskan dampaknya ke konsumen.

"Hai, Xiaomi Fans! Kami punya informasi penting nih buat kamu. Disimak ya. Jadi seperti yang mungkin kalian sudah tahu, kondisi industri smartphone dunia saat ini tengah dihadapkan oleh kelangkaan komponen yang mengakibatkan kenaikan harga. Hal ini mengakibatkan beberapa produk kami juga terkena dampak tersebut, maka dari itu, dengan berat hati, kami harus melakukan penyesuaian harga sebesar Rp100.000 kepada empat produk kami," tulis Xiaomi Indonesia dalam unggahan Instagramnya.

Keempat produk ponsel Android yang dimaksud Xiaomi, dapat dilihat dalam daftar di bawah ini.

Daftar HP Xiaomi yang naik harga

1. Redmi 9A: mulai dari Rp1.299.000

2. Redmi 9C: mulai dari Rp1.499.000

3. POCO M3 Pro 5G: mulai dari Rp2.699.000

4. Redmi Note 10 5G: mulai dari Rp2.799.000

Xiaomi turut menyampaikan, kenaikan harga ini berlaku efektif sejak tanggal 12 Oktober 2021.

Pada Strait times, O'Donnell menyebutkan, "Dalam gangguan jangka pendek, yang sebelumnya mungkin terjadi, tetapi masalah ini ada di sini selama dua tahun ke depan. Dengan demikian, harga untuk smartphone dan hampir semua hal lainnya sudah naik. Kami memperkirakan kenaikan ini akan melebihi 10% pada akhir tahun dan meningkat lebih tinggi lagi hingga 2022."

Dirinya menambahkan, penimbunan chip hanyalah solusi dalam jangka pendek. Hal ini bukan langkah efektif. Apabila stok yang ditimbun habis, maka harga barang yang dijual pasti mengalami kenaikan.

Jadi, itu dia sederet ponsel Xiaomi yang mengalami kenaikan harga. Ada yang ingin kalian beli, detikers?

Simak Video "Twitter Stop Auto Refresh Agar Bacaan Pengguna Tidak Mudah 'Hilang'"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia