Apa yang Dimaksud Akuntabilitas dalam PNS? Ini Penjelasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 13 Okt 2021 11:30 WIB
Pengangkatan PNS baru Kemenparekraf
Foto: (dok Kemenparekraf)
Jakarta -

Menurut Undang-undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, pegawai ASN memiliki tiga fungsi utama yaitu pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat dan pemersatu bangsa. Dalam menjalankan fungsinya PNS harus melaksanakannya dengan akuntabilitas.

Akuntabilitas PNS adalah kemampuan seorang PNS dalam mengatasi masalah-masalah seperti mengambil putusan yang tepat. Selain itu tidak terlibat dalam politik praktis, melayani warga secara adil, dan konsisten dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Berikut adalah penjelasan mengenai akuntabilitas PNS yang dikutip dari laman BPSDM Provinsi Jawa Timur:

Pengertian Akuntabilitas PNS

Akuntabilitas adalah kewajiban pada setiap individu, kelompok, atau institusi untuk memenuhi tanggung jawab yang menjadi amanahnya. Amanah seorang PNS yaitu mampu menjamin terwujudnya nilai-nilai publik.

Aspek-Aspek Akuntabilitas

1. Akuntabilitas adalah sebuah hubungan

Akuntabilitas dalam hubungan berarti adanya hubungan antara dua pihak yaitu negara dan masyarakat. Pemberi kewenangan bertanggung jawab memberikan arahan yang memadai, bimbingan, dan mengalokasikan sumber daya sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2. Akuntabilitas berorientasi pada hasil

Dalam hal ini PNS diharapkan untuk bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. PNS juga diharapkan selalu bertindak dan berupaya untuk memberikan kontribusi untuk mencapai hasil yang maksimal.

3. Akuntabilitas membutuhkan adanya laporan

Laporan kinerja bagi PNS merupakan perwujudan dari akuntabilitas. Dengan memberikan laporan kinerja berarti PNS mampu menjelaskan tindakan dan hasil yang telah dicapai oleh individu/ kelompok/ institusi, serta mampu memberikan bukti nyata dari kinerjanya.

4. Akuntabilitas memerlukan konsekuensi

Akuntabilitas PNS adalah sebuah kewajiban. Kewajiban menunjukkan tanggung jawab dan tanggung jawab menghasilkan konsekuensi. Sehingga konsekuensi tersebut dapat berupa penghargaan atau sanksi.

5. Akuntabilitas memperbaiki kinerja

Akuntabilitas bertujuan untuk memperbaiki kinerja PNS dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Akuntabilitas dimaknai sebagai sebuah hubungan dan proses yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sejak awal, penempatan sumber daya yang tepat, dan evaluasi kinerja.

Mengapa Akuntabilitas dalam PNS Penting?

Akuntabilitas PNS adalah hal yang penting karena merupakan norma yang menjadi kebiasaan. Sehingga mempengaruhi perilaku anggota organisasi dan aturan formal yang berlaku.

Jika PNS tidak memiliki akuntabilitas, mereka akan bekerja lambat dan berdampak pada pemborosan sumber daya dan memberikan citra PNS berkinerja buruk. Dalam kondisi tersebut, PNS perlu merubah citranya agar menjadi pelayan masyarakat dengan memiliki akuntabilitas.

Akuntabilitas PNS adalah nilai-nilai untuk membentuk sikap dan perilaku yang mengedepankan kepentingan publik, imparsial, dan berintegritas.



Simak Video "Curi Beras-Tabung Gas, Oknum PNS di Parepare Dibekuk Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia