Mengapa iPhone Harganya Lebih Mahal dari Android, Siswa Sudah Tahu?

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 12 Okt 2021 18:30 WIB
iPhone 13 Pro
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Setiap kali iPhone mengeluarkan seri terbarunya, ponsel tersebut selalu ramai diperbincangkan dunia maya. Dengan harga yang ditawarkan, iPhone bisa dibilang merupakan ponsel yang harganya mahal.

Lantas, apakah detikers tahu, kenapa harga iPhone bisa mahal? Melansir New Zealand Law Society, seorang praktisi hukum dan pemilik perusahaan cloud software, Damian Funnell memberikan sejumlah pendapatnya.

Menurutnya, permintaan akan produk iPhone cenderung tidak elastis. Artinya, loyalitas akan merek Apple terbilang luar biasa.

Hal ini berarti permintaan konsumen tidak turun signifikan, meskipun harga iPhone naik. Namun, ia juga menyadari bahwa siapapun bisa jadi pernah bersikap loyal pada suatu merek dan ketika menggunakannya, menurutnya tak mungkin menggunakan merk lain.

Walau begitu, hal seperti ini tidak bertahan selamanya. Damian berpendapat, seringkali semakin ekstrem sebuah loyalitas, maka semakin cepat opini publik juga bisa berbalik melawan merk yang pernah mereka sukai. Contohnya, banyak orang yang dulu lebih loyal pada Blackberry, namun tentunya semua orang tahu apa yang terjadi setelah itu.

Ia menuturkan, membeli iPhone atau tidak, bergantung pada nilai yang dipegang masing-masing individu. Jika seseorang menyukai pujian akan iPhone miliknya, maka orang tersebut bisa membenarkan untuk membelinya.

Namun, jika seseorang tak terlalu peduli pada status, tetapi tetap ingin menggunakan iPhone, maka bisa membeli tipenya yang lebih murah, seperti iPhone XR misalnya.

Funnell menambahkan, saat hendak membeli iPhone atau ponsel apapun, sebaiknya seseorang meluangkan waktu untuk melakukan riset terlebih dahulu karena kepemilikan sebuah ponsel rata-rata selama 2,5 tahun. Jadi, lebih baik memastikan untuk mencari model apa yang terbaik dan menahan keinginan untuk menghabiskan terlalu banyak uang.

Melansir Goriber Tech, salah satu alasan lain dari mahalnya iPhone adalah mereka menggunakan bahan berkualitas untuk perangkatnya sehingga kombinasi antara software dan hardware dapat bersinergi optimal. Lalu ada juga soal keamanan. Hampir semua produk Apple termasuk iPhone memiliki sistem keamanan yang ketat dan dipercaya oleh setiap pemiliknya.

Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia