Bendera Thailand, Ini Makna dan Arti dari Lambangnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 08 Okt 2021 14:46 WIB
Negara Thailand
Foto: Shinta Angriyana/detikTravel/Bendera Thailand, Ini Makna dan Arti dari Lambangnya
Jakarta -

Bendera Thailand memiliki warna merah, putih, dan biru. Bendera Thailand sering disebut sebagai Thong Trairong atau bendera tiga warna.

Bendera Thailand memiliki lima lajur mendatar dengan warna berturut-turut seperti merah, putih, biru, putih, dan merah. Ukuran lajur warna biru dua kali lebih lebar dari lajur lainnya.

Warna merah melambangkan negara, warna putih melambangkan agama, sedangkan warna biru melambangkan raja. Ukuran panjang dan lebar bendera Thailand adalah 3:1. Bendera Thailand diresmikan pada tanggal 28 September 1917.

Lambang Nasional Thailand

Melansir dari buku Peradaban Thailand karya Muslim Busrowi, selain bendera Thailand, negara ini juga memiliki lambang nasional yaitu garuda. Sosok garuda dipercaya sebagai hewan yang mewakili mitologi Budha dan Hindu. Garuda berarti melambangkan kekuasaan dan keluarga kerajaan.

Garuda dilukiskan sebagai Krut Pha yang berarti garuda sebagai kendaraan Wisnu. Di kepalanya terdapat mahkota, yaitu Mahkota Kejayaan Besar Thailand, lambang dari kebesaran raja.

Di bawah mahkota terdapat lambang Chakri yaitu keluarga raja. Di sisi mahkota lain terdapat lambang tujuh payung bertingkat.

Di kedua sisi garuda terdapat lambang pedang dan tongkat kerajaan. Di latar belakangnya terdapat jubah kebesaran Raja (jubah Chulachomklao). Juga terdapat dua sosok mitologi, yaitu Rajasiha (Singa Kerajaan) dan Gajasiha (Singa Gajah).

Lambang nasional Thailand mengalami beberapa kali perubahan sebelumnya. Lambang tersebut pertama kali didesain oleh Raja Chulalong pada tahun 1873.

Bahasa Resmi Thailand

Bahasa Thai adalah Bahasa resmi di Thailand, juga merupakan dialek resmi di Bangkok. Namanya dalam Bahasa Thailand sendiri adalah phasa Thai yang berarti bahasa rakyat Thailand.

Hewan Khas Thailand

Hewan khas Thailand adalah gajah putih. Hal tersebut membuat Thailand sering disebut sebagai negeri Gajah Putih.

Hewan ini melambangkan monarki yang berdasarkan pada hukum sehingga kerajaan berada dalam keadaan damai dan makmur. Gajah putih juga dihubungkan dengan kelahiran Sang Budha.

Menurut mitos, ibunda Sang Buddha bermimpi seekor gajah putih memberikan hadiah berupa bunga lotus, yaitu simbol kebijaksanaan dan kesucian, pada malam kelahiran sang Budha.

Jadi makna bendera Thailand, lambang nasional Thailand, bahasa dan hewan khasnya seperti yang dijelaskan di atas ya detikers.



Simak Video "Kesibukan di Bandara Thailand Usai Dibuka untuk Turis Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia