Belajar dari Pakar

detikers Tahu Belum Ya, Hewan Ini Kebal dari Setruman Pagar Listrik!

Dixon Thomas - detikEdu
Kamis, 07 Okt 2021 09:54 WIB
Dixon Thomas
Dixon Thomas
Dixon Thomas pendiri akun Physible, seorang lulusan fisika yang cukup berbahagia. Physibles adalah akun edukasi populer yang mempunyai misi untuk mengobati alergi orang – orang terhadap fisika.
Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mulut tambang terbesar di Asia Tenggara di Sumatera Selatan terus menunjukkan progres signifikan. Ini potretnya
Ilustrasi pagar listrik. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - detikers pasti sudah tahu dong pagar listrik itu apa? Pagar ini kan sering banget ada di film - film, apalagi film action. Benar kan? Di sana, pagar listrik ini biasanya digunakan di penjara - penjara top yang para napinya terkenal bar-bar.

Jadi, supaya mereka tidak berusaha kabur, dipasang deh ini pagar listrik. Dan kalau ada yang tetap ngeyel buat kabur, waktu dia manjat pagar ini, bzzzzz, kesetrum dah dia.

Tapi ternyata, selain untuk menjaga orang agar tidak kabur, ini pagar juga sering dipakai untuk jaga ternak supaya tidak lari ke mana - mana. Jadi di pinggiran kandangnya itu dipasangin ini pagar. Dan anehnya, dari sekian banyak binatang, salah satu hewan yang kebal sama pagar satu ini adalah...

Burung! Iya burung. Burung ini kebal bukan karena dia kuat dari sengatan listriknya si pagar, tapi karena dia memang tidak bisa kesetrum dari pagar ini. Kok bisa gitu ya? Itu semua karena cara kerjanya si pagar listrik ya detikers.

Jadi sebenarnya, pagar listrik itu bekerjanya sama dengan rangkaian listrik biasa yang kamu pelajari di sekolah. Bayangin saja kalau ada baterai, ada kabel dan ada lampu. Waktu rangkaian ini terputus, listrik tidak bisa mengalir kan dari kutub positif ke kutub negatif baterai? Makanya lampunya mati. Tapi kalau misalnya rangkaiannya tersambung semua, listriknya jadi bisa ngalir & nyalain lampunya deh.

Nah untuk pagar listrik, kutub + nya itu ada di kawat pagarnya, dan kutub - nya itu ada di tanah. Makanya supaya listriknya ngalir & bisa nyetrum, harus ada penghantar listrik yang menghubungkan kawat pagar itu sama tanah. Contoh penghantarnya? Badan manusia ya detikers! Makanya waktu kutub + di pagar dan kutub - di tanah itu terhubung, listrik jadi mengalir lewat badan manusia & itu orang jadi kesetrum deh!

Tapi untuk burung, kakinya kan kurang panjang tuh untuk bisa menyentuh tanah sekaligus menyentuh kawan pagar. Jadinya kalau dia bertengger di kawat pagar, dia nggak nyentuh itu tanah & jadinya kutub + dan - nya jadi tidak saling terhubung sehingga listriknya tidak ngalir. Makanya tidak bisa kesetrum itu burung! Memang kadang jadi pendek itu ada faedahnya ya detikers.

Tapi ngomongin soal cara kerja pagar listrik, ada sekelompok kawula muda yang ngelakuin atraksi menarik kaya gini nih:

[Gambas:Youtube]

Kenapa bisa gitu? Sama seperti tadi, selama masih belum ada yang menyentuh tanah langsung, mereka jadi kaya burung tadi deh. Karena kawat & tanahnya belum terhubung. Tapi waktu sudah ada yang menyentuh tanah, mengalir deh itu listrik & mereka jadi kesetrum. Paham kan?

Simak Video "Akhir Tahun 2021, Kenya Akan Rilis 50 Bus Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia