12 Gunung Tertinggi di Eropa, Siswa Harus Tahu

Olivia Sabat - detikEdu
Selasa, 05 Okt 2021 16:30 WIB
3 Mahasiswa Indonesia Mendaki Gunung Elbrus (Dok. KBRI Moskow)
Pendaki Indonesia berada di puncak gunung tertinggi di Eropa, Gunung Elbrus (Foto: Dok. KBRI Moskow)
Jakarta - Kalau benua Asia memiliki Gunung Everest sebagai gunung tertinggi, apakah detikers bisa menyebutkan apa gunung tertinggi di Eropa?

Gunung tertinggi di Eropa sebagian besar bukan gunung berapi. Mayoritas berlokasi di Eropa Timur seperti wilayah Rusia dan Pegunungan Alpen. Berikut penjelasan masing-masing gunung seperti dikutip dari berbagai sumber.

12 gunung tertinggi di Eropa

1. Gunung Elbrus

Gunung tertinggi di benua Eropa adalah Gunung Elbrus. Dikutip dari National Geographic, gunung ini memiliki ketinggian 5.642 meter dengan iklim sangat dingin yang bisa mencapai -8 derajat Celcius pada malam hari.

Gunung Elbrus terletak di barat daya Rusia dan merupakan bagian dari Pegunungan Kaukasus serta Taman Nasional Prielbrusye. Gunung ini merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif dengan usia sekitar 2,5 juta tahun.

Letusan terakhir diketahui terjadi pada tahun 50 Masehi. Orang-orang zaman dulu menyebut Gunung Elbrus sebagai Gunung Strobilus yang dalam bahasa Latin berarti kerucut pinus karena bentuknya yang tidak lurus atau bengkok.

2. Gunung Dykh-Tau

Gunung Dykh-Tau merupakan gunung tertingi kedua di Pegunungan Kaukasus dan menjadi gunung tertinggi kedua di Eropa setelah Gunung Elbrus. Dilansir dari Britannica, Gunung Dykh-Tau terletak di Kabardino-balkaria, Rusia dengan ketinggian 5.204 meter.

3. Gunung Shkhara

Masih dari pegunungan Kaukasus, gunung tertinggi selanjutnya adalah Gunung Shkhara. Mengutip situs climbinggeorgia.com, Gunung Shkhara merupakan gunung tertinggi di Georgia dengan ketinggian 5.201 meter.

4. Gunung Mont Blanc

Mont Blanc atau Monte Bianco adalah pegunungan masif di Eropa dengan puncak tertinggi mencapai 4.807 meter. Melansir dari Britannica, gunung ini terletak di Pegunungan Alpen yang terletak di sepanjang perbatasan Prancis-Italia hingga mencapai Swiss.

5. Gunung Monte Rosa

Monte Rosa terletak di perbatasan antara Swiss dan Italia dengan ketinggian mencapai 4.634 meter. Hal ini menjadikannya sebagai puncak tertinggi di Swiss dan puncak tertinggi kedua di pegunungan Alpen.

6. Gunung Dom

Dikutip dari Britannica, Dom adalah puncak gunung tertinggi ketiga di Pegunungan Alpen setelah Mont Blanc dan Monte Rosa. Terletak di Valais, Swiss Selatan, Gunung Dom memiliki ketinggian mencapai 4.545 meter sehingga membuatnya masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Eropa.

7. Gunung Mulhacen

Melansir situs agen pemandu naik gunung di Inggris spanishhighs.co.uk, Gunung Mulhacen merupakan puncak tertinggi di Semenanjung Iberia dan Spanyol, serta menjadi puncak tertinggi di Eropa yang bukan bagian dari Pegunungan Alpen dan Kaukasus. Memiliki ketinggian 3.842 meter, gunung ini merupakan bagian dari rangkaian Sierra Nevada.

8. Gunung Grossglockner

Gunung Grossglockner atau disebut juga Gunung Glockner memiliki puncak tertinggi 3.798 meter. Berdasarkan data yang dikutip dari Britannica, gunung ini terletak di Austria dan Hohe Tuern (kisaran Pegunungan Alpen Timur).

9. Gunung Aneto

Gunung Aneto merupakan puncak tertinggi dari rangkaian pegunungan Pyrenees yang terletak di barat daya Eropa, membentang dari tepi Laut Mediterania bagian timur hingga Teluk Biscay di Samudra Atlantik bagian barat. Dilansir dari Britannica, Gunung Aneto memiliki ketinggian 3.404 meter.

10. Gunung Etna

Dilansir dari Britannica, Gunung Etna merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Eropa dengan ketinggian puncaknya sekitar 3.320 meter. Gunung ini terletak di pantai timur Sisilia, Italia.

Gunung Etna terakhir meletus pada Februari 2021 lalu dan semburan lava panasnya menerangi langit Sisilia, Italia. Etna merupakan gunung berapi paling aktif di Eropa.

11. Gunung Zugspitze

Gunung Zugspitze terletak di perbatasan antara Jerman dan Austria dengan titik tertinggi 2.962 meter. Gunung ini merupakan bagian dari Wettersteingebirge di Pegunungan Alpen Bavaria.

12. Gunung Musala

Gunung Musala memiliki ketinggian 2.925 meter dan menjadi titik tertinggi di Bulgaria dan di seluruh Semenanjung Balkan.

Demikianlah daftar 12 gunung tertinggi di Eropa yang bisa menambah pengetahuanmu.

Simak Video "Pendaki Tanpa Kaki Taklukan Gunung Manaslu Nepal"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia