Persebaran Fauna Asiatis, Apa Saja Contohnya?

Olivia Sabat - detikEdu
Selasa, 05 Okt 2021 13:45 WIB
Gajah Sumatera
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ampont El David
Jakarta -

Detikers, tahukah kamu kalau Indonesia memiliki persebaran fauna yang terbagi menjadi fauna Asiatis, Australis, dan Peralihan (Asia-Australia)? Pembahasan kali ini yakni tentang fauna Asiatis. Yuk simak ya.

Dari situs Kominfo, persebaran fauna tersebut meliputi mamalia yang jumlahnya sekitar lebih dari 500 jenis, ikan (pisces) sekitar lebih dari 4.000 jenis, burung (aves) sekitar lebih dari 1.600 jenis, reptilia dan amfibi yang jumlahnya sekitar lebih dari 1.000 jenis, dan jenis serangga (insecta) sekitar lebih dari 200 ribu jenis.

Berdasarkan letak geografisnya, persebaran fauna di Indonesia terbagi menjadi tiga, yaitu fauna Asiatis di bagian Barat, fauna Peralihan atau Asia-Australia di bagian Tengah, dan fauna Australis di bagian Timur. Kita bahas lebih dalam mengenai fauna Asiatis, yuk!

Fauna Asiatis

Jenis fauna Asiatis bisa kamu temui di daerah Indonesia bagian Barat, seperti Pulau Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan, serta pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Batas wilayah fauna Asiatis dengan wilayah fauna Peralihan (Asia-Australis) disebut dengan garis Wallace.

Nah, untuk membedakan jenis fauna Asiatis dengan jenis fauna lainnya, kamu bisa melihat ciri-ciri yang dimiliki, yaitu merupakan jenis hewan menyusui atau mamalia dan berukuran besar. Selain itu, jarang ditemukan jenis burung berwarna dalam persebaran fauna Asiatis.

Contoh Fauna Asiatis

Dikutip dari Kominfo, contoh jenis fauna Asiatis yang ditemukan adalah monyet proboscis, orang utan, badak bercula satu, beruang matahari, babi hutan, bebek pohon, burung heron, gajah, dan burung merak.

Selain itu, dalam buku Modul Geografi: Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia yang disusun oleh Cipta Suhud Wiguna, S.Pd., M.Pd., jenis fauna Asiatis dapat dikelompokkan menjadi:

1. Mamalia

Contohnya: Gajah, badak bercula satu, rusa, tapir, banteng, kerbau, monyet, orang utan, harimau, macan tutul, macan kumbang, tikus, bajing, beruang, kijang, anjing hutan, kelelawar, landak, babi hutan, kancil, dan kukang.

2. Reptilia

Contohnya: Biawak, buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, bunglon, dan trenggiling.

3. Burung

Contohnya: Elang bondol, jalak, merak, ayam hutan, burung hantu, kutilang, dan berbagai macam jenis unggas lainnya.

4. Ikan

Mujair, arwana, dan pesut (mamalia air tawar).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jenis fauna Asiatis dapat ditemukan di Indonesia bagian Barat dan memiliki ciri-ciri merupakan hewan mamalia dan berukuran besar.



Simak Video "Macan di TNGC Turun ke Kebun, Imbas Ledakan 'Mother of Satan'?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia