Cara Download Windows 11 Gratis, Lengkap dengan Fitur yang Bisa Dicoba Siswa

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 05 Okt 2021 13:15 WIB
Windows 11
Foto: Microsoft/Cara Download Windows 11 Gratis, Lengkap dengan Fitur yang Bisa Dicoba Siswa
Jakarta - Windows 11 resmi tersedia mulai hari ini, Selasa (5/10/2021). Windows 11 sendiri memiliki tampilan yang baru dan juga fitur-fitur menarik di dalamnya.

"Hari ini menandai tonggak sejarah yang menarik dalam sejarah Windows. Saat hari menjadi tanggal 5 Oktober di setiap zona waktu di seluruh dunia," ujar Microsoft dalam keterangan resminya.

"Ketersediaan Windows 11 dimulai melalui peningkatan gratis pada PC Windows 10 yang memenuhi syarat dan pada PC baru yang telah diinstal sebelumnya dengan Windows 11 yang dapat dibeli mulai hari ini," lanjutnya.

Detikers apakah kalian mengetahui bagaimana cara mendownload Windows 11 dan apa saja fiturnya? Jika belum simak penjelasan di bawah ini ya!

Cara Download Windows 11 Gratis

Personal Computer (PC) yang kalian gunakan harus mendukung Windows 11. Berikut cara downloadnya:

  • 1. Buka pengaturan di Windows.
  • 2. Klik pembaruan dan keamanan.
  • 3. Klik pembaruan Windows.
  • 4. Selanjutnya tekan cek for update
  • 5. Terakhir klik download dan install jika sudah tersedia.

Fitur Windows 11 untuk Siswa

  • 1. Snap Layout

Snap Layout memungkinkan penggunanya untuk membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur beberapa jendela di layar dengan lebih mudah.

Jadi tidak perlu menyandingkannya secara manual. Cukup klik dan aplikasi langsung tersusun sesuai dengan pola yang dipilih.

  • 2. Desktop

Desktop pada Windows 11 akan memudahkan pengguna untuk mengelompokkan tugas dalam beberapa desktop. Pengguna dapat menggunakan Desktops untuk bekerja, bermain game, maupun sekolah.

  • 3. Pen, Gesture, dan Voice Control

Windows 11 lebih fleksibel, pengguna tidak harus menggunakan keyboard maupun mouse untuk bekerja. Mereka dapat menggunakan pena stylus dan memiliki feedback haptic baru.

Microsoft memberikan gesture control, baik menggunakan pena atau jari pada layar sentuh. Diberikan keyboard virtual layaknya smartphone, lengkap dengan gerakan swipe, kontrol kursor dengan menekan spasi, dan emoji.

Detikers juga dapat menggunakan input suara untuk mendikte teks dengan tanda baca otomatis.

  • 4. Gaming

Bermain games di Windows 11 menjadi lebih kuat. Windows 11 bekerja sama dengan Xbox. Game yang dibuat di platform Direct X 11 (atau lebih tinggi) akan diberikan dukungan Auto HDR, sama seperti yang digunakan di Xbox.

Fitur lainnya yaitu Direct Storage yang dapat mengurangi waktu load tetapi harus digunakan dengan hard drive dan driver yang tepat.

  • 5. Xbox Game Pass

Xbox Game Pass memberi pengguna Windows 11 akses ke sejumlah besar game PC serta game Xbox Cloud. Aplikasi ini terintegrasi langsung dalam platform membuat akses menjadi lebih mudah. Pengguna dapat memanfaatkan kemampuan cross play dan cross save untuk beralih antara konsol ataupun PC, dan membeli game langsung dari aplikasi Xbox.

  • 6. Windows Store

Windows store di Windows 11 membuat pengguna lebih cepat dan mudah untuk menemukan aplikasi baru. Di sini pengguna juga dapat mengunduh game dan film.

  • 7. Aplikasi Android

Windows 11 juga menyediakan dukungan untuk aplikasi Android. Microsoft membuatnya terintegrasi ke dalam platform dan dapat digunakan bersama program Windows lainnya. Aplikasi Android dapat diunduh lewat Microsoft Store datu toko aplikasi Amazon.

Nah itu tadi adalah cara mendownload dan fitur Windows 11 yang cocok untuk siswa. Sudahkah detikers mengupdate menjadi Windows 11?

Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia