Hari Binatang Sedunia 4 Oktober: Sejarah dan Link Twibbon

Rosmha Widiyani - detikEdu
Senin, 04 Okt 2021 07:00 WIB
Saat media sosial penuh dengan berbagai intrik dan bahkan hoax seputar virus corona, yuk rehat sejenak dan lihat deretan hewan-hewan lucu ini.
Foto: Shutterstock/Hari Binatang Sedunia 4 Oktober: Sejarah dan Link Twibbon.
Jakarta -

Hari binatang sedunia kembali diperingati pada 4 Oktober 2021. Dikutip dari situs Perpusnas, pemilihan hari terkait dengan Francis of Assisi yang merupakan pecinta alam dan binatang.

"World Animal Day adalah hari besar Francis of Assisi," tulis website tersebut dikutip detikcom pada Minggu (3/10/2021).

Francis of Assisi dikenal sebagai orang suci (santo) yang sangat melindungi ekologi dan alam sekitar. Termasuk kesejahteraan hewan yang hidup di alam bersama manusia dan makhluk lainnya.

Peringatan hari binatang sedunia kali pertama dirayakan Heinrich Zimmermann. Saat itu, penulis dan aktivis hewan ini memilih 24 Maret 1925 di Sport Palace, Berlin, untuk merayakannya.

Perayaan ini menarik perhatian banyak kalangan, hingga Organisasi Perlindungan Hewan Sedunia mengubah hari binatang sedunia. Momen peringatan ini sebelumnya jatuh pada 24 Maret.

Dikutip dari situs Direktorat Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, momentum ini untuk meningkatkan kesadaran pentingnya peran hewan bagi manusia. Kesehatan hewan berdampak baik bagi lingkungan sekitar.

"Mari sayangi hewan, karena bila hewan sejahtera dan sehat, maka masyarakat pun ikut sejahtera," tulis Direktorat Keswan Kementan dalam websitenya.

Peningkatan pentingnya kesadaran dapat diawali dengan lebih peduli pada hewan. Hal ini bisa dimulai dengan tindakan sederhana, misal menanamkan rasa sayang pada hewan sejak dini.

Cara lainnya adalah menggunakan produk yang tidak menggunakan hewan coba, ikut melestarikan habitat alami hewan, dan tidak mencemari lingkungan. Peran hewan sebetulnya telah diatur secara legal.

Indonesia memiliki pasal 302 KUHP tentang Perlindungan Hewan, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 j.o Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, serta peraturan perundangan turunannya.

Merayakan hari binatang sedunia 4 Oktober, berikut link twibbon yang bisa digunakan,

Link twibbon hari binatang sedunia:

  • https://www.twibbonize.com/harikedokteranhewansedunia
  • https://www.twibbonize.com/harihewansedunia
  • https://www.twibbonize.com/anaboel1
  • https://www.twibbonize.com/animaldaydeclown
  • https://www.twibbonize.com/hdh.


Simak Video "Eselon I Kementan Dikritik Habis DPR Gegara Berseragam Kostranas NasDem"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia