Tentang Link Live Streaming: Bisa Tonton Liverpool Vs Manchester City & MotoGP

Rosmha Widiyani - detikEdu
Minggu, 03 Okt 2021 20:00 WIB
Francesco Bagnaia (63), of Italy, and Marc Marquez (93), of Spain, steer through a turn during an open practice session for the MotoGP Grand Prix of the Americas race at the Circuit of the Americas, Saturday, Oct. 2, 2021, in Austin, Texas. (AP Photo/Eric Gay)
Foto: AP/Eric Gay/Tentang Link Live Streaming: Bisa Tonton Liverpool Vs Manchester City & MotoGP.
Jakarta - Bagi pecinta olah raga, malam ini hingga Senin dini hari nanti bakal disuguhi tayangan melalui link live streaming yang sayang dilewatkan. Malam ini, Minggu (3/10/2021) pukul 22.30 akan ada tayangan live streaming big match seru Liga Inggris antara Liverpool melawan Manchester City. Laga pada pekan ketujuh Liga Inggris ini akan berlangsung di Anfield.

Berikutnya pada Senin (4/10/2021) pukul 02.00 WIB akan tersedia link live streaming MotoGP Amerika 2021. MotoGP Amerika 2021 diadakan di Circuit of the Americas, Austin.

Melalui teknologi live streaming, para pecinta olah raga seperti dimanja. Aneka sajian olah raga dari berbagai penjuru dunia bisa dengan mudah tersaji di depan mata.

Apa sebenarnya teknologi link live streaming itu?

Dikutip dari tulisan Desain Dan Implementasi Live Streaming Televisi Menggunakan Adaptive H264encoding, teknologi live streaming hampir sama dengan video streaming. Data yang digunakan langsung bersumber dari televisi atau kamera yang bersifat real time.

"Live Streaming memerlukan proses live encoding dan minimum buffering dengan waktu delay seminimal mungkin," tulis Firza Ramadhan, dkk, dari Fakultas Teknik Elektro dan Komunikasi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) dalam tulisan tersebut.

Kominfo dalam situsnya menjelaskan, live streaming dilakukan dengan konsep seperti siaran langsung pada televisi. Artinya content creator dapat merekam dan menyiarkan langsung kegiatannya.

"Dalam live streaming, pemilik konten melakukan kegiatan perekaman pada suatu konten dan secara langsung disiarkan melalui media yang dimilikinya," tulis Kominfo.

Selanjutnya host dapat langsung melihat tiap detik yang dilalui pemilik konten. Hasilnya engagement yang terjalin dengan para penggemar menjadi lebih erat. Hal inilah yang mengakibatkan streaming dinilai sebagai sarana penyiaran efektif.

Sekilas live streaming memberi kesan penggunaan kuota internet yang lebih banyak. Namun nyatanya cara ini dipilih masyarakat untuk menikmati konten dari berbagai media.

Sebuah konten bisa langsung dinikmati tanpa harus diunduh lebih dulu, yang berisiko menghabiskan waktu dan media penyimpanan. Selain siaran olahraga, live streaming banyak digunakan public figure untuk menjalin kedekatan dengan para netizen.

Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia