Mengapa Benua Australia Memiliki Flora dan Fauna yang Unik?

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Rabu, 29 Sep 2021 10:00 WIB
Kekeringan Di NSW Picu Ancaman Baru Bagi Kanguru
Mengapa benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan fauna (Foto: Australia Plus ABC)
Jakarta - Australia merupakan benua yang kaya akan flora dan fauna endemik. Karena di benua Australia memiliki berbagai jenis flora dan fauna unik yang tidak terdapat di bagian tempat lain di dunia.

Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Mengapa benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan fauna disebabkan peristiwa geologis yang terjadi puluhan juta tahun lalu serta faktor iklim.

Penjelasannya, ratusan juta tahun lalu Bumi terdiri atas satu benua besar. Kemudian pecah menjadi dua yakni Laurasia dan Gondwana. Seperti yang dikutip dari Encyclopedia of Australian wildlife, Australia masuk dalam Gondwana bersama Amerika Selatan, Afrika, India, dan Antarktika.

Saat Gondwana terpisah-pisah, Australia masih menyatu dengan Antartika. Baru pada 50 juta tahun lalu keduanya terpisah dan Australia bergerak ke utara. Isolasi geografis benua ini membuat fauna dan flora berevolusi untuk beradaptasi.

GondwanaGondwana Foto: Freie Universit├Ąt Berlin

Fauna dan flora seperti dilihat saat ini terbentuk dari iklim dan geologi benua Australia yang unik.

Dilansir dari buku "IPS 3B SMP/Mts Kelas IX" oleh Drs. Anwar Kurnia, benua Australia termasuk daratan tertua di bumi, yang daratannya terpisah dari daratan yang lainnya. Sebagian besar daratan Australia relatif belum terjamah oleh manusia.

Penemuan benua Australia didasarkan atas pendapat Ptolomeous yang direspon oleh para pelaut Eropa yang sedang berpetualang mencari daratan di belahan bumi bagian selatan. Tokoh yang dianggap sebagai penemu benua Australia adalah seorang pelaut Inggris, bernama James Cook.

Wilayah benua Australia memiliki iklim tropis di bagian utara, subtropis di bagian wilayah barat daya Australia dan di sepanjang pantai selatan. Sedangkan, pantai timur Australia beriklim laut dengan hujan yang turun sepanjang tahun akibat pengaruh angin pesat tenggara.

Benua Australia merupakan benua paling datar, diantara benua yang ada di bumi. Wilayah benua Australia berupa gurun pasir, plato dan dataran rendah di bagian pantai barat dan timur. Bagian barat Australia beriklim gurun yang sangat kering dan panas. Kondisi tersebut, telah menjadikan banyak habitat bagi bioma flora dan fauna gurun.

Contoh Flora dan Fauna Unik yang Ditemukan di Australia

Dikutip dari buku bertajuk "Sejarah Pasifik Barat Daya" yang ditulis oleh Drs. Yushar Tanjung, M.Si. dkk, berikut adalah beberapa contoh flora dan fauna yang ditemukan di benua Australia:

Fauna

Australia dikenal menjadi tempat bagi hewan marsupial, dan hampir setengah mamalia asli benua ini adalah marsupial. Marsupial adalah hewan yang melahirkan secara prematur (kecil), sehingga harus di bawa ke dalam kantung di dalam perut induknya.

Contoh hewan marsupial yang banyak dijumpai adalah Kanguru, Walabi, Possum, Wombat dan Koala.

Platypus merupakan hewan jenis mamalia Australia yang memiliki moncong panjang dan kaki yang beselaput. Hewan ini disebut dengan evolusi antara reptil dan mamalia yang bertelur.

Dingo adalah salah satu hewan unik dari Australia. Dingo merupakan hewan yang biasanya berkulit coklat yang kuat, dengan ekor yang lebat. Ada yang menyebutkan bahwa hewan ini sebagai keturunan dari serigala Asia.

Selain itu, di Australia kita juga akan menemukan beberapa jenis burung seperti burung emu (jenisnya mirip dengan burung unta), angsa hitam, dan beberapa burung beo, burung betet, burung kakatua.

Fauna

Australia memiliki hutan hujan tropis, hutan ekaliptus di selatan, dan juga padang rumput di bagian utara.

Pantai Timur Australia kita akan menjumpai berbagai jenis tumbuhan berbunga seperti, honey flower, bunga fushi, bunga semak natal, bunga coachwood, dan berbagai jenis bunga anggrek.

Australia memiliki tanaman khas, yaitu aksia dan eukaliptus. Salah satu yang terkenal adalah tanaman waratah, yang bunganya berwarna merah merona. Waratah adalah tanaman mempunyai tinggi yang bisa melebihi pada. Ada lebih dari 80 jenis tumbuhan jenis ini yang bisa kita temukan di Australia.

Nah, itu jadi jawaban mengapa benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan fauna. Semoga menambah pengetahuan baru buat detikers ya!



Simak Video "Terkuak! Marak Pelecehan Seks di Parlemen, PM Australia: Mengerikan"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia