Barter Dimulai pada Zaman Apa? Ini Sejarah dan Temuannya

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 29 Sep 2021 09:00 WIB
manusia purba
Foto: istimewa/Barter Dimulai pada Zaman Apa? Ini Sejarah dan Temuannya
Jakarta - Barter adalah sistem perdagangan yang dilakukan pada masa pra aksara. Zaman pra aksara adalah masa ketika manusia belum mengenal bentuk tulisan. Demikian dikutip dari buku 'Kehidupan Masyarakat pada Masa Pra Aksara, Masa Hindu Buddha, dan Masa Islam' karya Tri Worosetyaningsih.

Zaman Pra aksara juga disebut sebagai zaman nirleka dan pra sejarah. Sementara, masa ketika manusia sudah mengenal tulisan adalah masa aksara atau masa sejarah.

Zaman pra aksara diawali dengan masa berburu dan mengumpulkan makanan. Pada masa ini, manusia tinggal di alam terbuka dan tidak menetap.

Manusia pada zaman tersebut hidup secara nomaden, mengikuti alam yang menyediakan makanan, utamanya hewan buruan.

Zaman berburu dan mengumpulkan makanan kemudian diikuti dengan masa bercocok tanam. Perdagangan pada zaman pra aksara secara barter dimulai pada zaman bercocok tanam ini.

Masa Bercocok Tanam

Dalam sistem bercocok tanam yang dikenal manusia zaman pra aksara, persawahan menggunakan lahan yang terbatas dan kesuburan tanahnya dapat dijaga melalui pengolahan tanah, irigasi, serta pemupukan.

Dengan adanya sistem ini, manusia tidak lagi hidup secara nomaden dan berusaha menghasilkan makanan atau secara istilah dikenal sebagai food producing.

Kemampuan menghasilkan makanan pada akhirnya berdampak luas bagi masyarakat masa tersebut. Dan karena sudah hidup secara menetap, terciptalah kehidupan yang rapi, bahkan membentuk semacam desa.

Masyarakat juga dipimpin oleh seseorang berdasarkan prinsip primus inter pares. Prinsip ini berarti, pemimpin dipilih dari mereka yang punya kelebihan fisik maupun keahlian.

Sistem barter yang muncul pada zaman bercocok tanam adalah wujud munculnya sistem perekonomian. Barter dilakukan sebagai usaha memenuhi kebutuhan hidup.

Kemajuan masyarakat pada zaman ini juga dapat dilihat dari alat-alat peninggalannya. Alat-alat yang mereka hasilkan sudah berbentuk hasil sempurna, punya fungsi beragam, dan punya nilai seni.

Jadi, barter adalah bentuk perdagangan pada zaman pra aksara di masa bercocok tanam. Sejarah yang menarik, bukan?

Simak Video "Unik! Di Negara Ini, Fortuner Bisa Dibarter dengan Kedelai dan Jagung"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia