Minat Jadi Tukang Las Bergaji Rp 70 Juta? Belajar di Sini

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 26 Sep 2021 12:30 WIB
thumbnail viral tukang las bawah laut
Foto: 20Detik/Minat Jadi Tukang Las Bergaji Rp 70 Juta? Belajar di Sini.
Jakarta - Profesi tukang las ternyata bisa meraih gaji hingga Rp 70 juta. Peluang ini dijelaskan penyelam komersial Opank atau Ahmad Maulana dalam program 20 detik. Namun syarat untuk menjalani profesi ini tidak main-main.

"Berbadan sehat, sudah mempunyai basic penyelaman scuba diving. Jadi setelah punya itu nanti bisa untuk mencari source untuk ke tempat pendidikan komersial diving. Kalau dulu saya dari negara," kata Opank.

Menurut Opank, untuk proses pendidikannya masih bersifat private di Condet atau Semarang. Pendidikan dan pelatihan las bawah laut juga bisa diperoleh di Solo Techno Park.

Diklat las bawah laut berada di cluster manufaktur program general welding. Pelatihan ini bisa diikuti siapa saja asal memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Berikut penjelasannya,

Syarat diklat las bawah laut

  • Usia Maksimal 24 tahun
  • Tidak buta warna
  • Bukan penderita ayan/epilepsi.

Sistem pendidikan las bawah laut

  • Tahap 1 merupakan pendidikan dasar teknik (Basic Mechanic)
  • Tahap 2 merupakan tahap lanjutan (Application Mechanic)
  • Tahap 3 merupakan tahap akhir. Peserta yang berhasil lulus berhak mendapatkan sertifikat keahlian yang dikeluarkan Solotechnopark.

"Diklat terbuka untuk umum dari seluruh wilayah di Indonesia. Namun untuk peserta di luar wilayah Surakarta harus ada surat rekomendasi/kerjasama dari instansi terkait," tulis Solo Techno Park.

Terkait gaji yang besar, menurut Opank sesuai dengan resiko yang dihadapi. Opank mengatakan sebelum turun ke laut, penyelam sehat jasmani dan mental. Jika ada masalah maka penyelaman dibatalkan.

"Satu yang wajib dilakukan adalah screening di kesehatan. Kita harus melakukan tahapan. Uji fisik, uji lab, kayak medical check up setahun sekali. Jadi memang ada halangan jadi nggak bisa nyelam," kata Opank.

Pemeriksaan berkala dibutuhkan untuk mencegah dampak profesi tukang las bawah laut. Selain itu, profesi ini harus didukung asupan gizi yang memadai sehingga bisa menjalankan kewajibannya dengan baik.

Simak Video "Tukang Las dengan Gaji Rp 70 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia