5 Huruf yang Keluar dari Rongga Mulut dan Rongga Tenggorokan, Apa Saja?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 24 Sep 2021 07:00 WIB
Yayasan Wisata Hati membuka kelas  belajar membaca Al Quran untuk tukang becak di Solo. Kelas belajar membaca Al Quran itu tidak dipungut biaya alias gratis.
Foto: Agung Mardika/Detikcom/5 Huruf Ini Keluar dari Rongga Mulut dan Rongga Tenggorokan, Apa Saja?
Jakarta - Ada lima huruf hijaiyah yang keluar dari rongga mulut dan rongga tenggorokan (Al Jauf). Dikutip dari buku Dasar-dasar Ilmu Tajwid karya Dr Marzuki, MAg dan Sun Choirol Ummah, SAg, MSI, jauf artinya lubang antara mulut dan tenggorokan hingga penghabisan udara.

Lokasi tersebut biasanya menjadi tempat keluar untuk huruf-huruf mad dan lain (lunak). Menurut ahli tajwid Qamhawi, huruf-huruf tersebut dinamakan jaufiyyah atau hawaiyyah yang artinya sebangsa lubang hidung. Berikut penjelasan tentang huruf-huruf tersebut.

Lima huruf yang keluar dari rongga mulut dan rongga tenggorokan:

1. Alif ( ا ) muthlaq dan sebelumnya ada huruf yang difathah, contoh: مَالَا غَوَى

2. Wawu ( و ) sukun (mati) jatuh setelah dhammah, contoh: قُوْلُو

3. Ya' (ي) jatuh setelah kasrah, contoh: حَامِدِيْنَ

4. Huruf al lain (lunak) yang berjumlah dua, yaitu:

  • Wawu mati jatuh setelah fathah, contoh: قَوْمًا
  • Ya' mati jatuh setelah fathah, contoh: عَيْنَيْن

Pada dasarnya huruf mad hanya satu yaitu, alif muthlaq. Huruf wawu dan ya' dibaca mad hanya dalam kondisi tertentu, yakni ketika kedua huruf hijaiyah tersebut dalam bentuk harakat sukun.

Selain keluar dari rongga mulut dan rongga tenggorokan, makhorijul huruf terbagi menjadi beberapa kelompok lain. Makhorijul huruf adalah tempat keluarnya huruf hijaiyah.

Tempat keluarnya huruf hijaiyah lain adalah:

1. Halq ( الْحَلْقِ), huruf yang keluar lewat tenggorokan atau makhrojnya ada di tenggorokan. Huruf-hurufnya terdiri dari:

  • pangkal tenggorokan: hamzah (ء) dan ha' (هـ),
  • pertengahan tenggorokan: ha' ( ح ) dan 'ain ( ع )
  • ujung tenggorokan: gho ( غ ) dan kho' ( خ )

2. Fammun atau lisan (اللِّسَانُ), huruf yang keluar lewat mulu atau lisan, atau makhrojnya ada di (lidah).

Huruf-hurufnya dikelompokkan menjadi 10 makhroj yaitu qof (ق), kaf (ك), jim (ج), syin (ش), ya' (ي), dho (ض), lam (ل), nun (ن), ro (ر), da (د), ta' (ت), tho' (ط), shod (ص), sin (س), za (ز), dzho (ظ), tsa (ث), dan dzal (ذ)

3. Syafatain ( الشَّفَتَيْنِ), huruf yang dilafalkan lewat bibir atau makhrojnya ada di bibir. Huruf-hurufnya terdiri dari fa (ف ), wawu ( و ), ba' (ب ), dan mim ( م )

4. Khoisyum (الخَيْشُوْمُ), tempat keluarnya huruf lewat hidung atau makhrojnya ada di hidung. Biasanya hanya digunakan untuk bacaan ghunnah.

Huruf-hurufnya terdiri dari nun bertasydid, mim bertasydid ( مّ ), nun sukun ( نْ ) yang dibaca idghom bighunnah, iqlab, dan ikhfa haqiqi, serta mim sukun yang bertemu dengan mim atau ba'.

Nah, itu dia penjelasan tentang huruf hijaiyah yang keluar dari rongga mulut dan rongga tenggorokan dan makhorijul huruf lainnya. Selamat belajar ya!

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia