Ciri Teks Eksplanasi dan Contohnya, Bahan untuk PTS Nih!

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Kamis, 23 Sep 2021 19:33 WIB
pelepas stres bisa menulis
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Teks ekplanasi merupakan teks yang menceritakan proses terjadinya suatu peristiwa. Sehingga pembaca dapat memperoleh pemahaman dari latar belakang terjadinya peristiwa tersebut secara jelas.

Dikutip dari laman Kemendikbud melalui e-modul Bahasa dan Sastra Indonesia, berikut adalah tujuan, ciri-ciri, dan struktur dari teks eksplanasi:

Tujuan Teks Eksplanasi

Di bawah ini merupakan tujuan dari penggunaan teks eksplanasi, yaitu:

1. Menceritakan proses suatu kejadian/fenomena/peristiwa

2. Menjelaskan alurnya dengan prinsip sebab-akibat

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

1. Kata-kata yang digunakan banyak menggunakan kata denotatif. Dimana kata-kata tersebut mengandung makna sebenarnya yang bersifat objektif dan lugas.

2. Menggunakan banyak kata penghubung waktu dan kausal

Contohnya: oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga, bila, sebelum, kemudian, kedua dan lain-lain.

3. Memungkinan menggunakan istilah ilmiah atau kata-kata teknis yang berhubungan dengan topik yang dibahas.

4. Banyak menggunakan kata kerja aktif dan material.

5. Ditulis untuk menjelaskan sesuatu secara benar adanya.

6. Menggunakan kalimat pasif.

7. Memuat informasi berdasarkan faktual berupa keilmuan.

Contohnya, penjelasan mengenai kejadian fenomena alam seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus, dan lain-lain.

Setelah mengetahui pengertian, tujuan dan ciri-cirinya, berikut adalah struktur teks eksplanasi yang harus detikers pahami ya.

Struktur Teks Eksplanasi

-Pernyataan umum, berisi topik, yang akan dijelaskan proses terjadinya, keberadaannya, terbentuknya peristiwa, dan lain-lain.

-Urutan penjelas sebab akibat, isinya akan menjabarkan proses mengapa dan bagaimana kejadian/peristiwa itu bisa terjadi.

-Interpretasi, akan berisi gambaran tentang kesimpulan atau intisari dari peristiwa yang diceritakan

-Penutup, pada bagian ini penulis bisa memberikan komentar berupa saran dan tanggapan terkait topik peristiwa yang dijelaskan sebelumnya.

Contoh Teks Eksplanasi

Dilansir dari Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia Kemendikbud Tahun 2020, berikut contoh teks eksplanasi:

Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya. Tujuannya bukan untuk pengobatan, penelitian, namun menghilangkan rasa sakit rangsangan, semangat dan halusinasi.

Apabila digunakan tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar dapat menimbulkan bahaya adanya adiksi/ketergantungan obat (ketagihan). Obat-obatan yang biasa disalahgunakan seperti narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Penyalahgunaan narkoba terjadi akibat salah pergaulan dan rasa keingintahuan yang kuat serta mudahnya dalam mendapatkan obat-obatan tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba.

Pertama, faktor diri yaitu faktor yang ditimbulkan dalam diri orang tersebut seperti mencoba-coba kareana penasaran dan keinginan
untuk bersenang senang. Kedua, faktor lingkungan yaitu faktor yang berasal dari lingkungan sekitarnya seperti keluarga bermasalah dan bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba.

Ketiga, faktor ketersediaan narkoba seperti narkoba semakin mudah didapat dengan harga yang terjangkau dan bisnis narkoba menjanjikan keuntungan yang besar. Penggunaan obat-obatan terlarang secara terus-menerus dapat menyebabkan kecanduan. Jika sudah kecanduan, maka orang tersebut akan melakukan segala hal untuk mendapatkannya.

Penyalahgunaan narkoba yang dilakukan seseorang akan berdampak negatif pada dirinya sendiri seperti mengalami perubahan sikap, sering membolos, suka mencuri untuk membeli narkoba, mengalami kegilaan dan yang lebih mengkhawatirkan adalah kematian.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai teks eksplanasi. Selamat mengerjakan soal-soal PTS tentang teks eksplanasi ya detikers!



Simak Video "Simak! Begini Cara Merawat dan Memilih Kain Ulos"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia